Kamis, 11 Mei 2017

Ukuran Lapangan Bola Voli dan Tinggi Net serta Pengertian dan Sejarah Bola Voli

PERMAINAN BOLA VOLI

 


Pengertian Bola Voli

Sebelum saya mengupas lebih jauh mengenai Ukuran lapangan bola Voli terlebih dahulu akan saya jelaskan mengenai pengertian permaian bola voli.
Permainan bola voli ialah sebuah cabang olahraga bola besar yang dimainkan oleh 2 regu dimana masing-masing regu saling berhadapan.Setiap regu dalam permainan ini berjumlah 6 orang.
Permainan ini dimainkan dalam 2 set atau lebih tergantung pada saat berlangsungnya pertandingan ,dimana apabila terjadi raber set maka dilanjutkan dengan set ke 3 sebagai penentu kemenangan tim. Masing-masing dari tim hanya boleh memainkan bola dilapangan sendiri sebanyak tiga kali kemudian bola harus di pukul ke lapangan lawan melalui batas net.
Penentuan pemenang dalam setiap setnya yaitu  tim yang lebih dahulu mencapai sekor 25.Apabila terjadi raber set maka penentuan pemenang adalah tim yang lebih dahulu mencapai sekor 15. 

 Sejarah Singkat Permainan Bola Voli

Untuk menambah wawasan Anda ,pada kesempatan ini saya juga akan menjelaskan secara singkat mengenai sejarah singkat Permaianan bola voli.
Permanan bola voli diciptakan pertama kali oleh William G. Morgan seorang instruktur pendidikan jasmani (Director of Phycal Education) di YMCA yang lahir pada tahun 1870 dan meninggal dunia pada tahun 1942 berasal dari Bangsa Amerika Serikat.
YMCA sendiri merupakan singkatan dari Young Men’s Cristian Association. Yaitu sebuah organisasi yang didirikan untuk mengajarkan ajaran utama umat Agama Kristen kepada para pemuda.
William G. Morgan menemukan olahraga bola voli ini pada tanggal 9  Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Tapi, waktu itu beliau bukan menamai permainan ini dengan nama bola voli, melainkan Mintonette.
Di tahun 1896, olahraga Mintonette ini akhirnya berubah nama menjadi volleyball atau bola voli. Hal ini dilakukan dalam demonstrasi pertandingannya yang pertama kali diadakan di YMCA Training School. 

 Ukuran Lapangan Bola Voli


Pada umumnya lapangan voli berukuran 18 × 9 meter dan merupakan ukuran standar, baik secara nasional atau internasional sehingga tidak ada perbedaan baik di Indonesia maupun di luar negeri.  Sebagaimana kita tahu bahwa olahraga bola voli termasuk salah satu jenis olahraga yang digemari  banyak orang, baik anak-anak, remaja sampai orang tua menyukai jenis olahraga ini. Disamping cara permainannya yang mudah, bermain bola voli bisa dilakukan oleh siapa saja baik wanita atau pria.
Lapangan Permainan bola voli berbentuk persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut :
·         Ukuran panjang lapangan : 18 Meter
·         Ukuran lebar lapangan : 9 meter
·         Ukuran Lebar Garis Serang : 3 Meter
·         Ukuran Lebar Garis Tengah (Center Line) : 5cm
·         Ukuran area servis (serving area) : 3 meter
Dari rincian diatas bahwa Lapangan volly secara keseluruhan memiliki panjang 18 meter (Delapan Belas Meter)  tidak kurang tidak lebih dan merupakan ukuran umum atau standar internasional, sedang lebarnya 9 meter. Dalam permainan bola voli terdiri dari 2 regu, jadi masing-masing tim/regu menempati separuh lapangan dengan ukuran 9 meter setelah dipisahkan dengan jaring net pada bagian tengah lapangan. Untuk ukuran net bisa dilaihat dibawah ini :
 Ukuran Net Bola Voli 


·         Tinggi tiang net : 2,55 meter (Dua setengah meter lima lebih)
·         Tinggi Net Untuk Laki-laki (Man) : 2.43 meter
·         Tinggi Net Untuk Perempuan (women) : 2.24 meter
·         Lebar Net : 1 meter
·         Panjang Net : 9.5 meter
·         Mata jala net  : 10 centimeter
·         Pita Bagian tepi atas net  : 5 centimeter
·         Pita samping net : 5 centimeter
·         Jaring Tiang Net Dengan pinggir lapanagn :0.6meter
·         Tinggi Antena : 80 cm

Akan kami jelaskan lagi bahwa Net atau jaring net dalam permainan bola voli ada yang terbuat dari rangkaian benang atau nilon ber bentuk kotak-kotak dengan ukuran kotak 10 cm. Panjang net 9,5 sampai 10 meter atau lebih panjang dari ukuran lebar lapangan, Sedangkan tinggi jaring 1 meter. Pada bagian tepi atas net terdapat pita biasanya berwarna putih berukuran 5 cm. Net dipasang melintang ditengah lapangan di ikatkan pada tiang kanan kiri lapangan. Pemasangan jaring net harus sama tinggi sehingga seimbang dan di ikat dengan kuat.

Bola 

Bola yang digunakan dalam permainan bola voli yaitu :
·         Berat bola voli : 200 – 280 gram
·         Keliling lingkaran : 65 – 67 cm
Seiring dengan perkembangan zaman  permainan bola voli sekarang ini sudah menyesuaikan dengan tingkat usia ,mengingat ukuran lapangan dan bola yang digunakan di seperti penjelasan di atas tidak memungkinkan untuk dimainkan oleh anak usia Sekolah Dasar.Sehingga melalui Induk Organisasi bola voli Nasional PBVSI mengurangan ukuran dari panjang 18 meter menjadi 15 m dan lebarnya dari 9 m menjadi 6 m.Jumlah pemainnya pun dikurangi dari 6 orang menjadi 4 orang dalm satu regunya.Ukuran bola pun diperkecil yaiyu menggunakan bola ukuran nomor 4.Permaianan bola voli ini di tingkat sekolah dasar dikenal dengan Permainan bola voli Mini.
Mengenai warna bola ada banyak pilihan warna, hal itu bertujuan untuk memudahkan pemain melihat perputaran bola saat dimainkan sehingga pemain dari masing-masing regu dapat mengantisipasi datangnya bola.

Seiring dengan perkembangan zaman  permainan bola voli sekarang ini sudah menyesuaikan dengan tingkat usia ,mengingat ukuran lapangan dan bola yang digunakan di seperti penjelasan di atas tidak memungkinkan untuk dimainkan oleh anak usia Sekolah Dasar.Sehingga melalui Induk Organisasi bola voli Nasional PBVSI mengurangan ukuran dari panjang 18 meter menjadi 15 m dan lebarnya dari 9 m menjadi 6 m.Jumlah pemainnya pun dikurangi dari 6 orang menjadi 4 orang dalm satu regunya.Ukuran bola pun diperkecil yaiyu menggunakan bola ukuran nomor 4.Permaianan bola voli ini di tingkat sekolah dasar dikenal dengan Permainan bola voli mini.Mengenai permainan bola voli mini ini  hanya bisa kami jelaskan secara singkat saja.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ukuran Lapangan Bola Voli dan Tinggi Net serta Pengertian dan Sejarah Bola Voli

0 komentar:

Posting Komentar