Jumat, 26 Mei 2017

Mengenal Sejarah dan Teknik Dasar Renang Gaya Punggung Secara Lengkap


Salam Olahraga...!

Bermain di dalam air merupakan aktivitas yang sangat di senangi anak-anak maupun remaja dan dewasa.Selain menyenangkan juga menyehatkan badan.Renang juga dapat meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan anak secara optimal.Untuk itu perlu sekali mengenal,mempelajari dan menguasai gerak dasar renang khususnya gaya punggung.
Terdapat 4 macam gaya dalam renang,yaitu gaya bebas,gaya dada,gaya punggung dan gaya kupu-kupu.Belajar berenang sebaiknya dimulai dari gerakan sederhana sehingga Anda dapat mengikuti gerakan dengan mudah.

Sebelum mempelajari gerak dasar renang gaya  punggung terlebih dahulu saya akan mengajak anda untuk melihat ke belakang bagaimana asal muasal hingga olahraga renang  dikenal pada saat ini sebagai olahraga yang diperlombakan dengan berbagai gaya . Untuk itu saya mengajak Anda melalui artikel ini untuk belajar berenang dengan mengikuti uraian pada artikel ini.

Sejarah Renang 

Manusia sudah dapat berenang sejak zaman prasejarah, bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang darizaman batu ditemukan di "gua perenang" yang berdekatan dengan Wadi Sora Gilf Kebir ,Mesir barat daya. Catatan tertua mengenai berenang berasal dari 2000 SM. Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut tentang berenang adalah Epos Gilgamesh Iliad,Odissey, dan Alkitab (Kitab Yehezkiel hal 47:5,Kisah para Rosul 27:42, Kitab Yesapa 25:11), serta Beoulf dan hikayat-hikayat lain. Pada 1538, Nikolaus Wynmann seorang profesor bahasa dari Jerman menulis buku mengenai renang yang pertama, Perenang atau Dialog mengenai Seni Berenang (Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst).

Perlombaan renang di  Eropa dimulai sekitar tahun 1800 setelah dibangunnyakiolam-kolam renang  Saat itu, sebagian besar peserta berenang dengan gaya dada . Pada 1873, John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya rangkak depan atau disebut  gaya trudgen dalam perlombaan renang di dunia Barat. Trudgen menirunya dari teknik renang gaya bebas suku Indian diAmerika Serikat. Renang merupakan salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade Athena 1896. Pada tahun1900,gaya punggung dimasukkan sebagai nomor baru renang Olimpiade. Persatuan renang dunia, Federation Internationale Nation (FINA) dibentuk pada 1908. Gaya kupu-kupu yang pada awalnya merupakan salah satu variasi gaya dada diterima sebagai suatu gaya tersendiri pada tahun 1952.

Teknik  Dasar Renang Gaya Punggung.

Pada dasarnya berenang adalah terapung di permukaan air.Renang merupakan proses bergerak dari satu titik ke titik yang lain yang dilakukan sambil terapung di air .Kemampuan sesorang untuk terapung atau meringankan tubuh tidaklah mudah dilakukan.Apabila Anda pertama kali belajar berenang pasti akan merasa takut tenggelam.Hal ini akan menyebabkan ketegangan otott-otot di seluruh tubuh Anda.Jika tubuh tegang ,badan akan lebih berat dan akan menyebabkan Anda akan mudah tenggelam.

Posisi badan dalam melakukan renang gaya punggung yaitu telentang di permukaan  air. Gaya ini dengan  muka berada di atas air sehingga Anda akan lebih  mudah mengambil napas.Namun perenang hanya dapat melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Sewaktu berlomba, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.
Gerakan lengan  dan kaki dalam gaya punggung serupa dengan renang gaya bebas, namun dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.Sedangkan renang gaya bebas posisi badan telungkup di permukaan air.

Dalam  melakukan gerakan start renang gaya punggung terdapat perbedaan ,untuk perenang gaya   menghadap ke dinding kolam dan kedua belah tangan memegang besi pegangan.Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan, sementara kedua belah telapak kaki  bertumpu di dinding kolam.
bebas , gaya dada, dan gaya kupu-kupu yang semuanya dilakukan di atas balok start, sedangakan perenang gaya punggung melakukan start dari dalam kolam.

Perlengkapan

Berenang secara alami tidak membutuhkan perlengkapan atau pakaian khusus. Manusia dapat berenang tanpa perlengkapan apapun dalam kondisi apapun. Berenang yang ditujukan untuk rekreasi dan olahraga terkadang membutuhkan pakaian dan perlengkapan khusus untuk membantu memudahkan bergerak di air.

Untuk memudahkan dalam berenang maka sebaiknya menggunakan pakainan khusus. Pakaian renang biasanya terbuat dari bahan karet yang mengikuti bentuk tubuh untuk menghindari masuknya udara  ke dalam pakaian. Pakaian renang  juga dirancang untuk mempercepat pergerakan manusia  di air, rancangan seperti ini ditujukan bagi kegiatan berenang untuk kompetisi.

Selain pakaian yang dirancang khusus, dalam berenang juga  membutuhkan perlengkapan khusus seperti kaca mata renang, ban renang, penutup telinga dan hidung, penutup kepala. Secara umum perlengkapan renang tersebut ditujukan untuk memudahkan berenang dan menghindari risiko yang timbul akibat berenang seperti ,mata merah  akibat kemasukan air,telinga berdenging akibat kemasukan air dan sebagainya.

Cara melakukan teknik gaya punggung 

1. Posisi Tubuh
  • Posisi tubuh atau body poitin pada renangn gaya punggung harus dilakukan dengan benar.Posisi tubuh yang benar adalah sebagai berikut :
  • posisi  badan herizontal dengan bidang tahanan air
  • Pinggang sedikit lebuh rendah dari bahu
  • Posisi kepala,pinggang dan kaki berada pada satu garis lurus agar tubuh selalu rileks
 2. Gerakan Meluncur
  • Meluncur merupakan dasar dari gerakan renang dan terapung di air.Sikap badan telentang di permukaaan air Tubuh streamline dengan permukaan air.
  • Adapun cara melakukan meluncur sebagai berikut :
  • Sikap awal berpegangan pada tepi kolam
  • Kaki di tempelkan /ditolakkan p[ada dinding kolam
  • Posisi badan lurus dan rileks
  • Kedua tangan lurus ke depan sejajar dengan kepala.
  • Kemudian dorong badan kedepan pertahankan dalam keadaan badan tetap terapung.
 3. Gerakan tungkai dan kaki.
 Pada umumnya gerakan tungkai dan kaki memeilki peranan yang sangat besar dalam melakukan gerakan di air karena berfungsi sebagai :

  • Mendung gerakan tubuh terdorong ke depan
  • Mendorong tubuh untuk melaju cepat
  • Menjaga keseimbangan.

Adapun cara melakukan gerakan tungkai dan kaki sebagai berikut :

  • Sikap awal badan telentang terapung di permukaan air
  • Tangan berpegangan pada dinding kolam
  • Kedua tungkai hingga ujung kaki diluruskan.
Pelaksanaan :

  • kaki kanan dan kiri digerakkan naik turun secara bergantian seperti orang yang sedang berjalan.Posisi paha rapat
  • Kedalam cambukan /tendangan kaki antara  30  sampai 46 cm
  • Cambukan kaki dilakukan dengan kuat,dengan cara meluruskan lutut dan melakukan tendangan punggung kaki samapai ke atas permukaan air
  • Sementara itu cambukan kaki ke bawah juga harus dilakukan dengan kuat dengan cara meluruskan kaki ke bawah dengan pergelangan kaki di tahan,
  • kemudian lutut ditekuk sampai membentuk sudut 45 derazat.
  • Gerakan ini hampir mirip dengan gaya bebas namun hanya berbeda dalam posisinya. Kaki digerakkan harus dengan gerakan yang lumayan cepat agar arah berenang tidak berbelok.
 4. Gerakan Lengan

 Gerakan lengan gaya punggung merupakan gerakan paling rileks dari semua gerakan lengan dalam renang.Gerakan lengan renang gaya punggung dibagi menjadi 3 fase :

1.      Fase Entry
Fase  entry merupakan geraka akhir putaran lengan dari sendi bahu.Untuk mendapatkan posisi tubuh saat entry yang baik yaitu :
-          Posisi lengan segaris dengan bahu
-          Panggul agak diangkat ke permukaan air.
2.      Posisi Pull – Push
Cara melakukannya pada fase pull
-         Dari posisi lengan lurus kemudian tekuk telapak tangan ke atas sambil melakukan gerakan menekan beberapa senti di bawah permukaan air
-         Setelah gerakan menekan air ,kemudian gerakan berubahmenjadi gerak mendorong ( push )
-         Saat melakukan gerakan mendorong posisi sikutepat berada dekat pinggang.
3.      Fase Recpvery
Gerakan lengan gaya punggung dilakukan secara berkesinambungan .Pada gerakan ini dilakukan dengan cara :
-          Ibu jari tangan keluar terlebih dahulu dari dalam air
-          Setelah lengan membentuk sudut 90 derajat dengan badan,putarkan lengan sehingga telapoak tangan menghadap keluar
-          Sehingga jari kelingking terlebih dahulu masuk kedalam air
5. Teknik Bernapas
Teknik bernapas renang gaya punggung paling mudah dibandingkan dengan gaya renang lainnya.Hal ini dikarenakan posisis muka berda di permukaan air.
Cara melakukan teknik bernapas :
-          Hirup udara saat lengan berada pada posisi recovery
-          Hembuskan udara pada saat posisi gerakan pull-push
-          Menghirup udara dilakukan melalui mulut dan buanglah  udara melalui mulut dan hidung secara perlahan

Nah,Anda sudah mengenal teknik dasar renang gaya punggung bukan.Selanjutnya gerakan dasar tersebut dikombinasikan sehingga tercipta gerakan renang gaya punggung yang sebenarnya
Adapun cara mengkombinasikan gerakan  meluncur,gerakan tungkai dan kaki serta gerakan lengan adalah sebagai berikut.

  • Tahap Awal
  • Letakkan lengan disamping badan
  • Salah satu lengan diputar setinggi bahu,lalu ditarik kebelakang arah tungkai.
  • Kedua ujung jari menunjuk keluar
  • Gerakan kedua kaki ke atas dan bawah
  • Kemudian gerakkan kaki seperti melangkah dan kedua tangan diayunkan
  • Kedua ujung jari kaki lemas,kedua tangan mengarah ke paha.
  • Pelaksanaan
  • Lakukan gerakan meluncur ( lihat teknik dasar pada materi awal)
  • Ketika posisi dorongan meluncur habis,lakukan  koordinasi gerakan lengan ,tungkai dan kaki yaitu dengan mengayunkan tangan ke belakangsecara bergantian bersamaan dengan gerakan langkah tungkai kaki ke atas dan ke bawah
  • Kedua ujung kaki mengaraha keluar.
 Kesalahan Umum
  1. Kesalahan umu yang biasa terjadi pada renang gaya punggung anatara lain sebagai berikut :
  2. Tubuh tidak berada pada posisi herizontal
  3. Gerakan kaki  tidak teratur,terlalu jauh ke atas permukaan air
  4. Cambukan kaki dari lutut terlalu lemah
  5. Memasukakan lengan pada saat entry terlalu dalam ,terlalu lebar,dan terlalu menyilang di belakang kepala
  6. Koordinasi gerakan kaki dan tangan tidak dilakukan secara seimbang.
 Yang perlu diperhatikan dalam renang gaya punggung :
Dalam perlombaan ranang gaya punggung,kombinasi gerakan meluncur, gerakan  tangan, dan gerakan tungkai kaki  bertujuan untuk membuat gerakan maju ke arah  finish line.
 karena dalam melakukan renang gaya punggung ,mata menghadap ke atas sehingga finish line atau tujuan akhir tidak terlihat .
Maka,gerakan lengan dari start hingga finish setiap berenang harus dihitung dengan cara mencoba berulang-ulang hingga didapat hitungan yang pas untuk menjadi pedoman bagi Anda.

Nah, itulah bagaimana cara belajar renang gaya punggung semoga Anda bisa dengan mudah memahaminya sekaligus juga  bisa diperaktekkan langsung dikolam renang.Semoga setelah Anda membaca artikel ini ,Anda dapat mengenal lebih jauh mengenai olahraga renang khusunya renang gaya punggung .
Baca ! Berenang

Selamat mencoba ...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Sejarah dan Teknik Dasar Renang Gaya Punggung Secara Lengkap

0 komentar:

Posting Komentar