Sabtu, 20 Mei 2017

Tips Sehat,Latihan Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru yang baik dan benar.

Latihan Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru 

Salam Olahraga...!

Pada artikel yang lalu sudah saya uraikan tentang  latihan Kebugaran Jasmani dan bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani .Pada artikel kali ini saya akan menguraikan tentang bentuk-bentuk latihan daya tahan jantung dan paru-paru.Mengingat Jantung adalah organ vital bagi tubuh manusia,karena itu sejak dini hendaklah kita rajin berolahraga secara rutin.Sedangkan paru-paru berkaitan dengan pernapasan.manusia yang juga merupakan organ vital bagi manusia.Coba bayangkan seandainya kita terserang penyakit Jantung dan paru-paru yang harus dirawat dirumah sakit ataupun Klinik,sudah barang tentu akan memerlukan biaya yang cukup besar untuk memulihkan kembali kesehatan jantung dan paru-paru.Karena itulah sebaiknya cegahlah sejak dini,lebih baik mencegah dari pada mengobati.

                BENTUK-BENTUK LATIHAN DAYA TAHAN JANTUNG dan PARU-PARU

Adapun bentuk-bentuk latihan daya tahan jantung dan paru-paru dapat dilakukan dengan  gerakan-gerakan berikut ini :


1.       Latihan Joging
Cara melakukannya sebagai berikut :
-          Posisi awal berdiri tegak
-          Kemudian mulailah jogging dengan gerakan kaki secara santai
-          Jogging dilakukan tanpa berhenti selama 1 – 15 menit.
-          Gerakan ini bisa dilakukan dengan mengitari lapangan bola 8 samapai 10 putaran,ataupun bisa juga dilakukan di jalan yang tentunya selalu menjaga keselamatan mengingat banyak kendaran yang lulu-lalang.


2.       Latihan Berjalan Bervariasi
Selain  latihan jogging ,latihan daya tahan jantung dan paru-paru dapat juga dilakukan dengan berjalan dan berlari mengubah-ngubah kecepatan.

1.       Berjalan
Cara melakukannya sebagai berikut :
-          Sikap awal berdiri tegak.
-          Kemidian mulailah berjalan dengan langkah kaki dengan lenggang tangan yang harmonis
-          Gerakan berjalan ini sebaiknya dilakukan tanpa menggunakan alas kaki

2.       Berlari dengan kecepatan berubah-berubah
Cara melakukannya adalah sebagai berikut
-          Sikap Awal berdiri tegak
-          Kemudian mulailah dengan berlari pelan ke depan sejauh lebih kurang 20 meter.
-          Kemudian berlari cepat sejauh 10 meter dengan arah dan kecepatan berubah-rubah
-          Lakukan gerakan ini berulang-ulang selam a 5 samapai 10 menit dengan jeda setiap gerakan istirahat 1 sampai 2 menit
Intensitas latihan untuk ketahan jantung dan paru-paru dapat ditingkatkan dengan  cara      
meningkatkan kecepatan berlari.

3.       Bersepeda 

Aktivitas lainnya  dapat juga kalian lakukan dengan bersepeda menempuh jarak 5 samapi 8 KM atau bersepeda dengan waktu  selama 30 sampai 40 menit .Namun cara ini mengandung resiko cidera otot dan sendi .Untuk mencegah timbuknya cidera ,diperlukan pemanasan yang oftimal,dengan melakukan peregangan otot terlebih dahulu atau strecing ringan secara berurutan dimulai sendi leher,bahu pinggang hingga tungkai dan engkel kaki.

Untuk lokasi tempat tinggal Anda dekat kolam renang latihan untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru dapat juga kalian lakukan dengan berenang secara rutin.latihan ini bisa dilakukan pada pagi hari atupun sore hari secar rutin minimal dalam satu minggu dilakukan 3 sampai 5 kali.
Selain melakukan bentuk-bentuk latihan diatas faktor lain yang juga mendukung tercipnya daya tahan jantung dan paru-paru adalah sebagai berikut :

1.       Pola makan yang baik
Yaitu makan makanan dengan  gizi yang seimbang,artinya asupan gizi bagi tubuh sesuai dengan tenaga yang kita butuhkan dalam beraktivitas sehari-hari.
2.       Istirahat yang cukup.
Yaitu selalu  menjaga waktu tidur yang baik.Waktu istirahat tidur yang baik adalah selama 7 samapi 8 jam. Itirahat tidur yang dimaksud disini adalah waktu istirahat tidur di malam hari.

Selamat mencoba semoga artikel ini bermanfaat,dan bentuk latihan di atas sudah banyak membuktikan hasilnya ,hanya saja tinggal kita mampu tidak untuk meluangkan waktu untuk menjaga daya tahan jantung dan paru-paru kita dengan melakukan dengan memilih salah satu bentuk latihan di atas.
Jangan lupa ya guys, dalam melakukan gerakan di atas hendaklah selalu menerapkan sikap dan nili-nilai disiplin dan tanggung jawab yang tinggi ,sehingga hasil yang dicapai akan maksimal dan tercipnya jantung dan paru-paru Anda  sehat dan kuat....semoga sehat ya guys...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Sehat,Latihan Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru yang baik dan benar.

0 komentar:

Posting Komentar