Sabtu, 13 Mei 2017

Sejarah,Pengertian dan Teknik Dasar Bulutangkis Terlengkap.


 Sejarah permainan Bulutangkis

             Permainan Bulutangkis adalah suatu permainan menggunakan bola kecil dikenal dengan nama shuttlecock(kok).Peramainan ini menggunakan alat pemukul berna raket.Permaqinan ini kemungkinan pertama berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun yang lalu.Tetapi juga ada yang menyebut berasal dari India,.Ada juga menyebut bahwa bangsa Cina nenek moyangnya menggunakan permaianan ini memukul kok dengan kaki.
            Sejak Zaman Pertengahan di Inggris permaianan ini sangat populer dikenal dengan nama Battledores dan Shuttlecocks .Pada waktu itu anak-anak memainkan permainan ini mengunakan dayung / tongkat (Battledores).Permaianan itu cukup populer di London tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikan katun untuk permaianan ini.
Selanjutnya permaianan ini dibawa oleh penduduk Inggris ke Jepang ,RRC dan Siam/Thailand saat menjajah wilayah tersebut.Kemudian berkembang di wilayah tersebut.
Perkembangan selanjutnya Tentra Britania di Pune ,India pada abad ke 19 menambahakan net/jaring dan memainkannya secara berlawanan sehingga di India permaianan ini dikenal dengan Poona ( sesuai dengan nama kota Pune ).
           Pada tahun1850 para Tentara Inggris membawa permaianan ini ke negaranya dan sangat populer di kota Badminton.Pada tahun 1860  permaianan ini mendapatkan namanya  dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt,seorang penyalur mainan Inggris berjudul Badminton Battledore-a new game.(Battledore, sebuah permaianan baru )melukiskan permaian tersebut di Gedung Badminton (Badminton hause ),Estar Duke of Beaufort’s di Glaucestershire ,Inggris.
          Pada tahun 1877 peraturan pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath .Kemudian pada tahun1893 dibentuk Asisiasi bulu tangkis  Inggris.Pada tahun1899 permaianan ini pertama kali dipertandingkan dalam kejuaraan All England.
            Pada tahun1934 dibentuk Induk Organisasi Internasional yang bernama IBF ( International Badminton Federation.Sebagai negara pelopornya yaitu nggeris,Irlandia,Skotlandia,Denmark,
,Belanda.,Kanada ,selandia Baru dan Prancis.Padatahun 1936 Negara India bergabung sebagai afiliat.Pada tahun 1948-1949 IBF menyelenggarakan kejuaraan beregu putra anatar negara yang bernama Thomas Cup,seadngkan kejuaraan beregu putri dilaksanakan tahun1956-1957 yang di sebut Kejuaraan Uber CupPada tahun 2006 saat IBF Etraordinary General Meeting di Madrid Spanyol di usulkan untuk mengubah IBF menjadi BWF ( Badminton Word Federation) .Pada saat itu ada 206 delegasi hadir dan  menerima usulan tersebut dengan suara bulat.
             Pada olahraga musim panas di Barcelona Tahun1992 ,Indonesia dan Korea Selatan berhasil membawa masing-masing dua medali emas.

Pengertian 

Permainan bulu tangkis dimainkan di lapangan empat persegi panjang oleh dua orang ( untuk tunggal) dan dua pasang ( untuk ganda ) yang dimainkan secara berhadapan dengan dibatasi net dengan tujuan memukul dengan berbagai teknik agar  bola jatuh ke bidang lapangan lawan tanpa bisa mengembalikan.Dahulu permainan ini setiap setnya game 15 untuk putra dan 11 untuk putri,namun dengan sistem rally point (apabila bola mati maka,servis untuk lawan) pemain yang menang adalah yang lebih dahulu mencapai angka 21.

Even yang dilombakan

Ada 5 partai yang diperlombakan dalam permaian ini:
  1. Tunggal Putra 
  2. Tunggal Putri
  3.  Ganda Putra
  4.  Ganda Putri
  5.  Ganda Campuran
Lapangan

     Lapangan bulutangkis berbentuk empat persegi panjang dengan ketebalan garis lan 40 mm .Warna lapangan harus kontras terhadap warna lapangan,dan disarankan berwarna putih atau kuning.Permukaan lapangandisarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yang lunak sebab kalu lapangan terbuat dari beton atau bahan yang kers akan menyebabkan resiko cidera yang tinggi.

Ukuran Lapangan

Adapun ukuran lapanngan sebagai berikut :
Untuk pemain tunggal
  • Panjang lapangan 13,40 m 
  •  Lebar lapangan 5,18 m
Untuk Pemain Doble /Ganda
  • Pnajang lapangan 13,42 m
  • Lebar lapangan 6,10 m
Net
            Net atau jaring berada tepah ditengah lapangan dengan tinggi net 1,55 m.Jaring/net haruslah berwarna gelap kecuali bibir jaring harus berwarna putih dengan ketebalan75 mm.
Perlengkapan

Raket

Panjang raket bulutangkis yaitu 66 cm Secara tradisional raket terbuat dari kayu.Dewasa ini hampir semua raket terbuat dari bahan serat karbon ( plastik bertulang grafit).Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat,kaku,dan memberi perpindahan energikinetik yang hebat.Namun masih ada produk  yang renda terbuat dari bahan baja atau aluminium
Senar
Kebanyakan senar digunakan dengan ketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 samapi 30 Ib.Namun tergantung kesukaan pemain itu sendiri.

Kok

Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga tersebut terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka,dengan pangkal  berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus.Namun ada juga terbuat dari plastik yang dapat digunakan untuk pemain pemula agar bola lebih awet.

Sepatu
         Sepatu pemain bulu tangkis membutuhkan sol karet  untuk cengkraman yang baik.,dinding sisi sepatu bertulang agar tahan lama saat pergeseran tarik menarik,dan mengurangi goncangan saat melompat.

 Cara memegang Raket


  1. Pegangan forehand (pegangan dasar), Pegangan ini dapat di peroleh dengan cara mendirikan raket yang sisinya tegak dengan lantai. Pegangan ini hampir sama dengan posisi tangan sedang bersalaman.
  2. Pegangan backhand, Pegangan ini dapat di peroleh dengan jalan memutar seperempat ke kanan dari pegangan forehand.

  1. Pegangan pukul kasur/Amerika, Cara pegangan ini adalah mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. Kemudian ambil dan peganglah raket pada pegangannya, sehingga bagian tangan antar ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar.


Teknik Permainan

Teknik memukul bola
                Agar dapat melakukan pukulan dengan baik ,diperlukan penguasaan teknik memukul yang benar.Beberapa hal yang merupakan prinsip  dasar memukul bola adalah sebagai berikaut :

1.  Putaran  lengan bawah dan Pergelangan Tangan 
2.  Posisi Badan Terhadap Bola
  • posisi badan saat memukul harus berada di belakang bola.Keuntungannya yaitu :
  • Pukulan dapat diarahkan segala penjuru
  • Penyaluran tenaga lebih rendah
  • Posiis memukul berda pada keadaan siap menyerang
  • Pandangan mata lebih bebas 
  3. Merahasiakan Gerakan Awal
  • Gerakan ayunan raket pada saat memukul dirahasiakan agar lawan sulit membaca arah dan jenis pukulan
4.      Posisi kaki saat memukul
  • Pada saat memukul kok kedua kaki harus digerakkan agar dapat membantu tenaga  tangan .Hal ini diperlukan koordinasi gerak yang harmonis dari ujung kaki hingga ujung raket.Kaki harus rilek dan setelah melakukan pukulan ,pada saat mendarat kjaki harus mengeper.
5.      Karakteristik Jalannya Bola
  • Arah jalannya bola akan berbeda jika memukul dengan sodokan atau tarikan .Karena itu perlu latihan yang kontinyu
6.        Melangkah Menuju Bola
7.     Gerakan kaki ( foot work) saat akau melakukan pukulanharus dikuasi setiap pemain.Hal yang harus diingat bahwa sebelum memukul koksebaiknya langkah terakhir adaalah kaki kanan .Setelah melakukan pukula ,pemain kembali ketengah lapangan.Adapun gerak dasar kaki emnuju bolayang harus dikuasai adalah :
1.       Gerak kaki kearah depan
2.       Gerak kaki kearah samping
3.       Geraka kaki ke arah belakang
4.       Gerak kaki di tengah dan ke depan

Teknik Servis



Servis adalah penyakjian pertama dalam mengawali permainan.Tempat servis yang baik adalah di garis servis depan dekat garis tengah .
Servis dapat dilakukan dengan berbagai macam cara antara lain :
a.       Servis Pendek ( short service )
Servis pendek dilakukan dengan menggunakan sedikit tenaga .bola cukup didorong dengan menggunakan perpindahan berat badan dari belakaang ke depan secra berirama.Gerak pergelengan tangan digunakan untuk menentukan arah kok.Arah bola diusahakn sedekat mungkin dekat dengan bata snet ( bibir net )   sehingga menyulitkan lawan mengembalikan bola
b.      Servis Tinggi ( lob service )
Servis tinggi biasanya digunakan untuk pemain tunggal dan sangat banyak membutuhkan tenaga.Servis ini dapat dilakukan dengan cara :
1.       Kaki kiri di depan dengan jarak agak lebar.
2.       Ayunkan lengan dari belakang ke depan dengan pukulan keras
3.       Raket berada di atas badan,ayunan raket dan dorongan badan ke depan secara penuh.
c.       Servis Datar ( Drive Service )
Posisi kaki saat servis berdiri sedikit ke belakang .Bola di pukul dari samping badan sehingga lengan lebih leluasa.Pukulan ini sangat membutuhkan kecepatan bola
Biasanya banyak digunakan oleh pemain ganda,tetapi tergantung lawan bila diketahui lawan sulit mengembalikan jenis puklan ini maka,pemain tungaljuga boleh melakukan servis datar inin.Pukulan datar dapat dilakukan dengan pukulan backhand terutama dari kiri lapangan.

Teknik Melakukan Smes.



Smes adalah sebuah pukulan yang keras dan tajam hingga menukik ke lapangan lawan.Adapun Jenis –jenis smes antara lain :
1.       Smes Penuh
Yaitu dilakukan dengan seluruh daun raket sehingga memilkikekuatan maksimal namun sulit untuk di arahkan namun bertujuan untuk mematikan lawan.
2.       Smes Potong
Pukulan sedikt lembut dibandingkan dengan smes penuh,namun hasil pukulan lebih tajam dan terarah,dan sering dilakukan secara menyilang( cross smes
).Jika akan melakukan smes dari garis belakang ,maka lebih baik melakukan smes potong dibandingkan dengan smes penuh.
3.       Smes dengan memutar di atas kepala
Sering kali lawan mengembalikan pukulan dengan pukulan lob ke arah backhand.Bola yang meluncur di depan pundak kiri maka dapat menggunakn smes ini .Smes didepan pundak kiri disebut around the head smash.Gerakan ini  dilakukan dengan memiringkan
Badan kekiri dan memutar lengan di atas kepala bila bola datang dari arah kiri.
4.       Smes Backhand
Smes ini mengutamakan keterampilan  gerak pergelangan tangan.khusus untuk memukul bola yang datang dari arah kiri .

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah,Pengertian dan Teknik Dasar Bulutangkis Terlengkap.

6 komentar:

  1. 365SBOBET Situs Agen Sbobet, Agen Bola Terpercaya di Indonesia

    365sbobet adalah Agen SBOBET Terpercaya Indonesia, Situs Agen Bola Resmi Online Casino Terbaik Official Partner kami adalah Barcelona dan Liverpool.

    365Sbobet
    Agen Sbobet
    Agen Sbobet Online
    Agen Sbobet Terpercaya
    Agen Sbobet Indonesia
    Agen Sbobet Asia
    Agen Sbobet Resmi
    Agen Sbobet Mobile
    Daftar Agen Sbobet
    Situs Agen Sbobet
    Website Agen Sbobet
    Link ALternatif Agen Sbobet
    Bonus Agen Sbobet
    Sbobet
    Sbobet Online
    Sbobet Terpercaya
    Sbobet Indonesia
    Sbobet Asia
    Sbobet Resmi
    Sbobet Mobile
    Daftar Sbobet
    Situs Sbobet
    Website Sbobet
    Link ALternatif Sbobet
    Bonus SbobetAgen Bola
    Agen Bola Online
    Agen Bola Terpercaya
    Agen Bola Indonesia
    Agen Bola Asia,
    Agen Bola Resmi
    Agen Bola Mobile
    Daftar Agen Bola
    Situs Agen Bola
    Website Agen Bola
    Link ALternatif Agen Bola
    Bonus Agen Bola
    Agen Slot
    Main Slot
    Situs Sbobet
    Situs Slot
    Slot
    Slot Online
    Slot Terbaik
    Website Slot

    BalasHapus
  2. Kami PT. Perkasa Multindo Sejahtera menjual blower centrifugal fan atau blower keong yang biasanya digunakan untuk kebutuhan industri yang berfungsi untuk menghisap atau membuang udara panas pada suatu ruangan dan mendinginkan mesin-mesin produksi. Untuk harga tergantung spesifikasi blower yang anda butuhkan.

    Selain itu, kami menjual blower axial fan, blower exhaust fan, blower portable ventilator, dust collector, electric motor, ducting, dll.

    Kami menerima pesanan di area jabodetabek dan luar jabodetabek.

    http://www.jualblowerindonesia.com/
    https://www.jualo.com/profile/iklan
    https://www.olx.co.id/myads
    https://twitter.com/BlowerLina


    Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi :
    Telp/WA : 081112520820 / 081996000567 ( Lina )
    Office : Ruko Cendana Raya No.15A Bencongan Indah Karawaci Tangerang

    |JUAL BLOWER | JUAL BLOWER MURAH | JUAL BLOWER CENTRIFUGAL | JUAL BLOWER KEONG | JUAL CENTRIFUGAL BLOWER DI SURABAYA | JUAL CENTRIFUGAL BLOWER | JUAL CENTRIFUGAL BLOWER JAKARTA | HARGA BLOWER CENTRIFUGAL | HARGA BLOWER CENTRIFUGAL CKE | JUAL BLOWER FAN | JUAL BLOWER KECIL | JUAL BLOWER CENTRIFUGAL MINI | JUAL BLOWER KEONG MINI | JUAL BLOWER KEONG | HARGA BLOWER KEONG | JUAL BLOWER KEONG JAKARTA | JUAL BLOWER KEONG TANGERANG | JUAL BLOWER KEONG BEKASI | JUAlBLOWER KEONG BOGOR | JUAL BLOWER KEONG SURABAYA| JUAL BLOWER KARAWANG | JUAL BLOWER KEONG MEDAN | JUAL BLOWER KEONG SEMARANG | JUAL BLOWER KEONG MALANG | JUAL BLOWER KEONG BANDUNG | JUAL BLOWER KEONGJUAL BLOWER KEONG DEPOK |

    BalasHapus
  3. Thank you for nice information. Please visit our web:

    Click Here
    "https://uhamka.ac.id"

    BalasHapus