Tugas 07-IST 1.Mengidentifikasi potensi aset/kekuatan
utama sekolah
Nama : Basri , S.Pd
Asal Instansi : SDN 3 Srikaton Kec Tugumulyo
Tugas 07-IST 1.Mengidentifikasi potensi aset/kekuatan utama
sekolah
Dalam rangka lebih menanamkan ingatan dan pemahaman secara komprehensif terhadap materi Pengembangan Kewirausahaan Sekolah yang tertulis dalam bahan bacaan, silakan Saudara dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawahini:
1. Apakah kita bias menggunakan Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis Aset untuk mengelola sumberdaya sekolahkita ? Mengapa?
2. Apa contoh pengelolaan sumberdaya sekolah kita dengan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset?
Bagaimanakah selama ini kita mengelola sumberdaya? Apakah sudah menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset? Jika belum, bagaimana caranya kita mengelola dengan Pendekatan Pengembangan
No. |
Aset Utama Sekolah |
Kondisi Nyata di Sekolah |
Potensi yang dapat dikembangkan |
Gagasan /I novasi Pengembangan |
a |
b |
c |
d |
e |
1. |
Modal manusia (SDM) |
1. Jumlah Tenaga pendidik sebanyak 12 dengan 9 orang sudah PNS 9 dan 3 Honorer )
2. 100% pendidikan guru S1 3. Memiliki kepala perpustakaan 4. Memiliki Tenaga Administrasi Sekolah 5. Memiliki satpam sekolah
|
1. Memingkatkan pendidikan guru 2. Pengadaan laboran 3. Menambah pustakawan |
Pemberian kegiatan pengayaan bagisiswa yang memiliki kompetensi tinggi |
2. |
Modal Sosial
|
1. 1. Dukungan dari komite sekolah 2. Kerjasama dengan puskesmas 3. Kerjasama dengan Perpustakaan desa 4. Kerjasama dengan lembaga kewirausahaan |
1. Membentuk forum alumni 2. Melakukan Kerjasama(MoU) terkait peningkatan pelayanan dan kualitas sekolah komunitas guru |
1.Penyuluhan perilaku hidup bersih sehat dan seputar perkembangan anak dari tenaga puskesmas 2.Pengajuan bantuan biaya kegiatan sekolah dari perusahaan swasta |
3. |
Modal Fisik (SaranaPrasarana) |
1. Memilikikantin 2. Memilikiperpustakaan 3. Memilikimushollah 4. Memiliki BUMS
|
1. Membangunpojokliterasisekola 3. Perluasankantin |
1. Membangun lapangan bola voli 2. Pengadaan gedung serbaguna
|
4. |
Modal lingkungan/alam |
1. Lahan yang luas (2,8 Ha) 2. Lapangan yang luas
|
1. Memanfaatkan untuk lahan perkebunan |
Lahan yang kosong ditanam sawit yang hasilnya nanti bias untuk membiayai kegiatan sekolah |
5. |
Modal finansial/anggaran |
1. APBD Reguler 2. APBD Khusus boarding school 3. APBN 4. Bantuandariperusahaan |
1. Bantuandariperusahaan dapatditingkatkan |
Peningkatan bantuan dari pihak perusahaan dpat digunakan untuk membangun prasarana
|
6. |
Modal Politik (dukunganpemerintahdankomunitassekolah) |
1. Mendapatkan dana aspirasi 2. Menjalin kerjasama dengan BNN, Puskesmas, DinasPertanian, Lingkungan Hidup, Lembaga peradilan, Kepolisian. |
1. Pengembangan sarana prasarana 2. Mendapatkan pendidikan pengembangan diri siswa |
Peningkatan sarana kesehatan berupa UKS dan dorkter kecil dan penyuluhan gizi anak sekolah |
7. |
Modal agama danbudaya |
1. Memiliki kurikulum khusus Program MuatanKetauhidan
2. Memiliki kurikulum khusus kewirausahaan |
1. Pengembangan akhlak, akidah, bacaquran yang baikdanbenar. 2. Mengenjadikan warga sekolah memiliki jiwa kewirausahaan |
Peningkatanbaca Al-qur.an ,ayat2 pendek ( jusamma ) dandoapendek Peningkatan jiwa wirausaha untuk warga sekolah |
RubrikPenilaian
Nilai |
Indikator |
|
91 - 100 |
sangatlengkap |
1. Menuliskankondisinyatasecararincidan detail padasetiapasetutamasekolah ( tujuhasetutama) 2. Menuliskanpotensi yang dapatdikembangkansesuaidengan data darikondisinyata yang adapadasetiapasetutamasekolah ( tujuhasetutama) 3. Menuliskangagasan/inovasipengembangan yang dapatmemaksimalkanpotensi yang adapadasetiapasetutamasekolah ( tujuhasetutama) |
lengkap |
||
71 – 80,99 |
cukuplengkap |
|
< 70,99 |
kuranglengkap |
0 komentar:
Posting Komentar