Tugas 11-IST 1
Tugas 11-IST 1 Merancang Instrumen Monitoring dan Evaluasi (Monev) RPK
Monev sangat penting dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan dan keberhasilan kegiatan RPK. Berikut ini instrumen monev yang perlu dirancang untuk mengukur keterlaksanaan dan keberhasilan kegiatan RPK:
a. Instrumen monitoring pelaksanaan kegiatan RPK
Instrumen ini dikembangkan oleh Calon Kepala Sekolah untuk mengukur keterlaksanaan kegiatan RPK mulai dari perencanaan dan pelaksanaan. Responden untuk instrumen ini adalah guru, tendik, dan peserta didik yang terlibat dalam kegiatan RPK.
b. Instrumen peningkatan kompetensi kepala sekolah (hasil AKPK) dalam RPK
Instrumen ini disusun berdasarkan hasil AKPK yang telah diisi oleh peserta diklat pada tahap OJT 1 dengan mengambil dua indikator dengan skor terendah untuk setiap kompetensi,
c. Instrumen evaluasi hasil kegiatan RPK
Instrumen ini dikembangkan oleh Calon Kepala Sekolah untuk mengukur keberhasilan kegiatan RPK dengan menggunakan indikator dari tujuan yang pertama yang telah dibuat dalam matrik RPK. Responden untuk instrumen ini adalah KS, guru, dan tendik yang terlibat dalam kegiatan RPK.
d. Instrumen Dampak Keberhasilan Program/Kegiatan RPK terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran bagi Peserta Didik
Instrumen ini dikembangkan oleh Calon Kepala Sekolah untuk mengukur dampak yang terlihat secara nyata pasca kegiatan RPK selesai dilaksanakan berkaitan dengan peningkatan kualitas pembelajaran bagi peserta didik dalam rentang waktu pelaksanaan OJT 2.
Responden untuk instrumen ini adalah peserta didik yang diambil secara sampel dengan minimal 10% murid untuk setiap kelas/rombel.
e. Instrumen pencapaian students wellbeing (Kebahagiaan Peserta Didik)
Instrumen ini dikembangkan oleh Calon Kepala Sekolah untuk mengukur dampak yang terlihat secara nyata pasca kegiatan RPK selesai dilaksanakan berupa tumbuhnya nilai-nilai kepositifan yang dirasakan dan dicapai oleh peserta didik dalam rentang waktu pelaksanaan OJT 2. Instrumen ini diisi dengan mengacu kepada isian Matrik RPK pada kolom “g” (Students Wellbeing). Responden untuk instrumen ini adalahpeserta didik yang diambil secara sampel dengan minimal 10% peserta didik untuk setiap kelas/rombel.
Setelah instrumen monev selesai dikembangkan, pada tahap OJT 2 instrumen akan diisi oleh responden yang kemudian akan dilakukan pengolahan data. Adapun format instrumen monev dapat diunduh dari LMS sebagai contoh bagi peserta, apabila peserta memiliki format instrumen monev yang berbeda tetap diperbolehkan sepanjang dapat mengukur keterlaksanaan dan keberhasilan kegiatan RPK.
a. Instrumen Monitoring Pelaksanaan Kegiatan RPK
Nama : BASRI ,S.Pd
Asal Kab : Mura
Tabel 11a-IST 1 Contoh Instrumen Monitoring Pelaksanaan Kegiatan
Program/Kegiatan: Penerapan Buku Disiplin
No |
Kegiatan |
Uraian |
Keterlaksanaan |
Keterangan |
|
Ya |
Tidak |
||||
a |
b |
c |
d |
e |
f |
1 |
Persiapan |
1. Koordinasi dengan Kepala Sekolah selaku Mentor 1 |
|
|
|
2. Sosialisasi dengan dewan guru sekaligus membentuk Panitia di sekolah Magang 1 |
|
|
|
||
3. Panitia dan CKS menyusun IHT |
|
|
|
||
4. Menyiapkan sarana dan prasarana |
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
2 |
Pelaksanaan |
1. IHT dilaksanakan selama 2 hari |
|
|
|
2. Penerapan Protokol kesehatan |
√ |
|
|
||
3. Mengisi daftar hadir peserta |
√ |
|
|
||
4. Acara pembukaan IHT
|
√ |
|
|
||
|
|
5. Penyampaian Materi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
5 |
1 |
|
|
|
Skor Perolehan “Ya” |
5 |
|
|
|
|
Total Perolehan (skor perolehan “Ya” : skor maksimal (sejumlah item uraian) x 100) |
5/6 x 100 = 83,3 A |
|
Catatan: dibuat oleh Calon KS dan diisi oleh guru, tendik, atau peserta didik yang terlibat dalam kegiatan RPK.
Keterangan:
Jawaban Ya = 1
Jawaban Tidak = 0
Kriteria penskoran:
ANGKA (Kuantitatif) |
HURUF (Kualitatif) |
KETERANGAN |
86 - 100 |
A |
sangat baik/sangat memadai |
71 – 85,99 |
B |
baik/memadai |
56 – 70,99 |
C |
cukup /cukup memadai |
< 56 |
D |
kurang/ kurang memadai |
b. Instrumen Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Berdasarkan Hasil AKPK
Tabel 11b-IST 1 Contoh Instrumen Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Berdasarkan Hasil AKPK
Program/Kegiatan: Penerapan Buku Disiplin
No |
Uraian Indikator |
Ketercapaian |
Keterangan |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|||
a |
B |
c |
d |
|||
A. Kompetensi Kepribadian |
||||||
|
Diisi uraian indikator yang akan ditingkatkan berdasarkan hasil AKPK 2 skor terendah setiap kompetensi |
|
|
|
|
|
1 |
Perkataan selaras dengan tindakan yang dilakukan |
|
|
|
|
|
2 |
Cara berbicara, bersikap, dan berperilaku dapat diteladani oleh warga sekolah dan masyarakat. |
|
|
|
|
|
B. Kompetensi Sosial |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
C. Kompetensi Kewirausahaan |
||||||
1 |
Membuat aternatif pemecahan masalah yang releva dan tepat sehingga menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien |
|
|
|
|
|
2 |
Memiliki rasa oftimis pantang menyerah ,dan berfikir aternatif terbaik untuk mencapai keberhasilan sekolah |
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
|
|
|
|
Total Skor Diperoleh |
|
|
|||
|
Hasil (Skor diperoleh) : (Skor maksimal) x100) |
|
|
Catatan: dibuat oleh Calon KS dan diisi oleh guru, tendik, atau murid yang terlibat dalam kegiatan RPK.
Keterangan*) isi sesuai dengan indikator:
4 = Sering
3 = Cukup
2 = Kadang-kadang
1 = Tidak Pernah
Petunjuk Pengisian:
1. Kolom “a” diisi nomor urut
2. Kolom “b” diisi dengan indikator pada instrumen AKPK yang menunjukkan hasil terendah (skor 3/2/1) pada setiap kompetensi. Saudara dapat mengambil 2 (dua) indikator saja untuk 3 (tiga) kompetensi yang akan ditingkatkan (kepribadian, sosial, dan kewirausahaan). Apabila hasil AKPK Saudara pada kompetensi tertentu telah menunjukkan angka 4 pada setiap indikator, maka Saudara dapat melakukan refleksi diri pada indikator mana yang menurut Saudara masih harus ditingkatkan melalui kegiatan RPK.
3. Kolom “c” diisi oleh responden mengenai ketercapaian dari indikator yang dituliskan pada kolom “b”
4. Kolom “d” diisi jika ada pernyataan yang dapat memperjelas secara deskriptif dari setiap indikator
Kriteria penskoran:
ANGKA (Kuantitatif) |
HURUF (Kualitatif) |
KETERANGAN |
86 - 100 |
A |
sangat baik/sangat memadai |
71 – 85,99 |
B |
baik/memadai |
56 – 70,99 |
C |
cukup /cukup memadai |
< 56 |
D |
kurang/ kurang memadai |
c. Instrumen Evaluasi Hasil Kegiatan
Tabel 11c-IST Contoh Instrumen Evaluasi Hasil Kegiatan
Program/Kegiatan: Penggunaan Media Pembelajaran
No |
Indikator Keberhasilan |
Ketercapaian |
Keterangan |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|||
|
Diisi uraian indikator keberhasilan dari RPK pada tujuan yang pertama |
|
|
|
|
|
1. |
Persiapan |
|
|
|
|
|
|
1) Menyusun lembar observasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan peserta IHT 2) Menyusun lembar monitoring dan evaluasi |
|
|
|
|
|
2 |
Pelaksanaan |
|
|
|
|
|
|
1) Menyebarkan lembar observasi keberhasilan peserta kegiatan 2) Menyebarkan Lembar observasi monitoring dan evaluasi |
|
|
|
|
|
|
Tindak Lanjut |
|
|
|
|
|
|
1) Menganalisis lembar observasi monitoring dan evaluasi 2) Memetakan tingkat pencapaian indikator keberhasilan 3) Menyusun laporan monitoring dan evaluasi |
|
|
|
|
|
2. |
Guru mampu menggunakan Lap Top sebagai media pembelajaran |
|
|
|
|
|
3. |
Guru mampu menggunakan Lap Top yang disalurkan ke infokus sebagai media pembelajaran |
|
|
|
|
|
3. |
Guru mampu menggunakan media pembelajaran berbasis audio visual |
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
|
|
|
|
Total Skor Diperoleh |
... |
|
|||
|
Hasil (Skor diperoleh : Skor maksimal) x100) |
.../ B |
|
Catatan: dibuat oleh KS dan diisi oleh KS, guru, dan tendik yang terlibat dalam kegiatan RPS.
Keterangan*) isi sesuai dengan indikator:
4 = sangat baik (Selalu muncul)
3 = baik (sering muncul)
2 = cukup (kadang-kadang muncul)
1 = kurang (tidak pernah muncul)
Kriteria penskoran:
ANGKA (Kuantitatif) |
HURUF (Kualitatif) |
KETERANGAN |
86 - 100 |
A |
sangat baik/sangat memadai |
71 – 85,99 |
B |
baik/memadai |
56 – 70,99 |
C |
cukup /cukup memadai |
< 56 |
D |
kurang/ kurang memadai |
d. Instrumen Dampak Keberhasilan Program/Kegiatan RPK terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran bagi Peserta Didik
Tabel 11d-IST1 Contoh Instrumen Dampak Keberhasilan Program/Kegiatan RPK terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bagi Peserta Didik
Program/Kegiatan: Penerapan penggunaan media pembelajaran
No |
Indikator |
Ketercapaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Siswa lebih aktif berpartisifasi dalam pembelajaran |
|
|
|
|
2. |
Meningkatnya daya ingat siswa dalam mengingat materi pelajaran yang diberikan |
|
|
|
|
3 |
Meningkatnya hasil belajar siswa dalam ranah pengetahuan |
|
|
|
|
4. |
Rata-rata nilai ulangan harian peserta didik meningkat |
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
Jumlah |
- |
|
|
|
|
Total Skor Diperoleh |
.... |
||||
Skor Perolehan NA = X 100 Skor Maksimal (4 x sejumlah item indikator) |
...../20 = ..... ..... |
Catatan: diisi oleh siswa secara sampling..
Keterangan:
4 = sangat baik (Selalu muncul)
3 = baik (sering muncul)
2 = cukup (kadang-kadang muncul)
1 = kurang (tidak pernah muncul)
Kriteria penskoran:
ANGKA (Kuantitatif) |
HURUF (Kualitatif) |
KETERANGAN |
86 - 100 |
A |
sangat baik/sangat memadai |
71 – 85,99 |
B |
baik/memadai |
56 – 70,99 |
C |
cukup /cukup memadai |
< 56 |
D |
kurang/ kurang memadai |
e. Instrumen Pencapaian Student’s Wellbeing (Kebahagiaan Murid)
Tabel 11e-IST 1 Contoh Instrumen Pencapaian Students Wellbeing (Kebahagiaan Murid)
Program/Kegiatan: Penerapan penggunanaan media pembelajaran audio visual
No |
Indikator |
Ketercapaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
Kegiatan ini membuat saya lebih semangat dan gaerah dalam belajar |
|
√ |
|
|
2 |
Saya merasa lebih senang untuk belajar |
|
|
|
|
3. |
Program pengembangan sekolah ini menumbuhkan minat belajar saya dalam kegiatan belajar di kelas |
|
√ |
|
|
4. |
Penerapan penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual membuat saya lebih bergaerah dan bersemangat dalam belajar |
|
|
√ |
|
5 |
|
|
|
|
|
Jumlah |
- |
4 |
9 |
4 |
|
Total Skor Diperoleh |
17 |
||||
Skor Perolehan NA = X 100 Skor Maksimal (4 x sejumlah item indikator) |
17/24 = 70,8 B |
Catatan: diisi oleh peserta didik secara sampling.
Keterangan:
4 = sangat baik (Selalu muncul)
3 = baik (sering muncul)
2 = cukup (kadang-kadang muncul)
1 = kurang (tidak pernah muncul)
Kriteria penskoran:
ANGKA (Kuantitatif) |
HURUF (Kualitatif) |
KETERANGAN |
86 - 100 |
A |
sangat baik/sangat memadai |
71 – 85,99 |
B |
baik/memadai |
56 – 70,99 |
C |
cukup /cukup memadai |
< 56 |
D |
kurang/ kurang memadai |
0 komentar:
Posting Komentar