Tugas 01-IST1.Membentuk karakter Positif Calon Kepala Sekolah
Nama : BASRI S.Pd
Asal Instansi : Kab Musi Rawas
1. Menerapkan Inkuiri Apresiatif Pada Kasus Yang Ditentukan
Sekolah Bunda Pertiwi berlokasi di dekat pusat ibu kota kabupaten. Letaknya strategis dan mudah diakses.Sekolah ini merupakan sekolah rintisan yang pertama di kabupaten itu, berdiri sejak 1951.Sekolah Bunda Pertiwi sudah meluluskan lebih dari 57 angkatan.Per tahun sekolah ini meluluskan rata rata 350 alumni.Beberapa alumninya bahkan sudah menjadi pejabat di baik tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten, di berbagai lembaga pemerintahan, kemasyarakatan dan sosial.Berbagai prestasi sudah pernah diraih oleh sekolah ini di masa lampau, tergambar dari banyaknya tropi, piala, piagam dan foto yang menghiasi di beberapa sudut dinding sekolah itu.
Saat ini, sekolah Bunda Pertiwi mengalami pasang surut yang jauh berbeda dengan masa masa keemasan mereka dulu.Fasilitas sekolah sudah tertinggal jauh, laboratorium computer dan akses internet untuk menunjang proses pembelajaran guru tidak ada. Guru-gurunya pun jumlah semakin berkurang karena banyak yang pindah mutasi dengan berbagai alasan.Memang guru baru banyak yang datang, tapi untuk beberapa tahun kemudian banyak yang pindah kekabupaten lain. Itu lah makanya banyak guru honorer yang mengajar di sekolah Bunda Pertiwi.
Prestasi akademik sekolah Bunda Pertiwi jauh menurun dari tahun ketahun.Berbagai persoalan internal banyak terjadi, mulai dari penyalahgunaan keuangan, konflik pribadi dan rumah tangga guru, permusuhan antar guru senior, dan saling curiga, tidak saling menghormati dan saling menyalahkan antar guru tampak dari suasana pertemuan di saat rapat internal sekolah. Beberapa guru muda berusaha untuk mendamaikan namun sering kali juga harus berakhir dengan memilih untuk diam. Suasana pembelajaran di kelas diwarnai dengan pola mengajar guru yang mononton, guru berceramah dan siswa mencatat, siswa pasif, tingkat ketidak-hadiran siswa tinggi.Orang tua mengeluh penilaian guru tidak sesuai dengan harapan anak-anak mereka.Satu satunya kegiatan yang masih menjadi andalan di sekolah itu adalah pembinaan kesiswaan yang bagus sehingga kepramukaan, palang merah remaja, pecinta alam, kesenian berjalan dengan pembinaan yang baik.Sekolah Bunda Pertiwi mendapatkan dukungan an imo masyarakat dari berbagai kegiatan social mereka yang bagus di mata masyarakat sekitarnya.Komite sekolah yang kebanyakan alumni dari sekolah tersebut dan juga tokoh masyarakat banyak membantu sekolah mengelola dan mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di sekolahtersebut.
PRAKARSA PERUBAHAN |
Sekolah Bunda Pertiwi yang berpihak pada murid dan dinantikan oleh seluruh warga sekolah |
|
TAHAPAN |
Pertanyaan |
Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan |
B-uatpertanyaan (Define) |
Apakah penyebab kemundran sekolah Bunda pertiwi |
|
A-mbilpelajaran (Discover) |
Kegiatan apa yang sudah berjalan dengan baik |
|
G-alimimpi (Dream) |
Ada berapa SNP yang bias dikembangkan di sekolah bunda pertiwi |
|
J-abarkan rencana (Design) |
Untuk merealisasikan impian apa yang perlu dilakukan? |
|
A-tureksekusi (Deliver) |
Bagaimana cara melaksanakan
|
KepalaSekolah Guru Komite Siswa Wali Murid |
Sekolah Bunda Pertiwi saat ini |
Sekolah Bunda Pertiwi versi baru |
· Jumlah guru kurang |
· Jumlah guru sudah bertambah dan sebagian guru sudah mendapat tunjangan sertifikasi |
· Fasilitas sekolah masih belum update (belum mengikuti perkembangan zaman) |
· Fasilitas yang sudah mengikuti perkembangan zaman serta guru sebagian besar sudah mengaplikasikan IT dalam proses pembelajaran di kelas.
|
·Banyak guru yang mutasi |
· Banyak guru baru yang masuk ditambah guru honor dan guru lulus p3k |
· Prestasi menurun |
· Prestasi meningkat |
· Penyalahgunaan keuangan sekolah |
· Pelaporan keuangan lebih transparan dan tertib administrasi. |
· Konflikantara guru senior
|
· Konflikantara guru senior sudah berakhir |
· Pola pengajaran yang monoton |
· Pola pengajaran inovatif dan kreatif serta humanis |
·Penilaian tidak sesuai harapan |
· Penilaian sudah sesuai harapan dengan meliputi penilaian Sikap, pengetahuan dan Keterampilan |
No. |
Profil Pelajar Pancasila |
Penerapan di Sekolah |
Kendala |
Solusi |
Capaian yang diharapkan |
1. |
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang MahaEsa, dan berakhlak mulia |
Berdoa sebelum memulai pelajaran pada pagi hari sebelum KBM |
Ada siswa yang masih tidak mau memimpin doa di kelas |
Membuat jadwal secara bergiliran |
Semua siswa mampu melak-sanakan memimpin doa pada saat memulai pelajaran di pagi hari |
2. |
Berkebhinekaan global |
Diskusi kelompok yang anggotanya bermacam suku, ras dan agama |
Siswa tidak mau di satukan menja-di anggota ke-lompok dengan teman dari suku, ras,agama yang lain |
Diberikan bimbi-ngan dan arahan agar semua siswa bisa menerima dan berteman dalam anggota kelompok walau-pun berbeda su-ku, ras dan aga-ma |
Semua siswa dapat berteman sebagai anggota kelompok dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan suku, ras dan agama |
3. |
Gotongroyong |
Jumat Bersih |
Ada siswa yang tidak membawa alat kebersihan yang di perintah-kan guru |
kebersihan, seperti, Cangkul, Parang, dan sebagainya
|
Jumat bersih, tidak ada satupun siswa yang tidak mengikuti kegiatan tersebut
|
4. |
Mandiri |
Praktek Ketrampilan secara Individu |
Siswa belum menguasai dan memahami apa yang harus dilakuka |
Perlu bimbingan dan arahan agar siswa mampu mempraktekkan tugas yang di berikan guru secara berurutan |
Semua siswa mampu mem-praktekkan tugas yang di beri-kan guru secara Mandiri tidak bergantung kepada siswa yang lain |
5. |
Bernalar kritis |
Memberikan soal berupa Analisis dan Problem Solving serta Projek. |
Siswa masih be-lum mampu menganalisa soal dan berpikir kritis atas soal yang di berikan |
Melakukan praktek percobaan dan analisis soal yang berpikir kritis sesering mungki |
Semua siswa dapat berpikir dan bernalar kritis dalam mengerjakan soal analisis, dapat memcahkan problem solving serta dapat menye-lesaikan projek yang telah di tugaskan guru |
6. |
Kreatif |
Tugas membuat suatu benda mengguna-kan bahan dan alat yang ada di sekitar tempat sekolah berada |
Kurang memahami tugas yang di berikan guru |
Di berikan penjelasan secara proporsional dan rinci tugas yang akan di berikan kepada siswa |
Memperoleh ide-ide kreatif membuat benda dengan memanfaatkan alam sekitar sekolah |
Semoga bermanfaat buat para pembaca
0 komentar:
Posting Komentar