Rabu, 17 November 2021

Tugas 02-OJT 1 Melakukan Refleksi Pendalaman Bahan Pembelajaran

 

 

Tugas 02-OJT 1 Basri

 

Tugas 02-OJT 1 Melakukan Refleksi Pendalaman Bahan Pembelajaran

 

 

Peserta membaca dan mempelajari bahan bacaan yang menjadi satu rangkaian dalam bahan pembelajaran Diklat Calon Kepala Sekolah agar dapat mendalami materi-materi yang berkaitan dengan Pembentukan Karakter, Manajerial Sekolah, Kepemimpinan Pembelajaran Melalui Coaching dalam Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan, Pengembangan Kewirausahaan, dan Rencana Tindak Lanjut Kepemimpinan (RTL).

Peserta dapat mengunduh format Instrumen Refleksi Pendalaman Bahan Pembelajaran dari LMS seperti tampak dalam tabel di bawah ini:

 

Tabel   Refleksi Pendalaman Bahan Pembelajaran

No

Nama Mata Diklat

Materi

Resume Hasil Eksplorasi Materi

Hal Baru yang Diperoleh

a

b

c

d

e

1

Pembentukan Karakter

 

1.    dinamika kelompok 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.     

Filosofi Pendidikan KHD & PPP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.     

Inquiry apresiatif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.    SRL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.    Community of practice

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.    SM

1. Dinamika kelompok menurut Yacobs, Harvill, dan Manson (1994) merupakan kekuatan yang saling mempengaruhi hubungan timbal balik melalui interaksi yang terjadi antar anggota kelompok dengan pemimpin yang diberi pengaruh kuat pada perkembangan kelompok.

 

          Dinamika kelompok sebagai suatu metoda dan proses, merupakan salah satu alat manajemen untuk menghasilkan kerjasama kelompok yang optimal, agar pengelolaan organisasi menjadi lebih efektif, efisien dan produktif.

 

2 2. Menurut Ki Hajar Dewantara, Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak- anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

 

Hal-hal positif dipelajari dari pemikiran Ki Hajar Dewantara
1. Anak bukan tabularasa
2. Guru adalah teman

     belajar untuk siswa
3. Pembelajaran mrupakan

    kegiatan yang

    menyenangkan
4. Ing ngarso sung tulodha     

5. Ing madyo mangnkarsa

6. Tut wuri handayani
7. Pembelajaran berpusat

    pada     anak
8. Guru tugasnya mnuntun

    siswa.

 

Dalam konsep pendidikan KHD ada dua hal yang harus dibedakan yaitu, “Pengajaran” dan “Pendidikan” yang harus bersinergis satu sama lain.

 

1. Pengajaran bersifat

    mrdeka     manusia dari

    aspek hidup  lahiriah 

 2. Sedangkan pendidikan

     mengarah  pada

     memerdekakan

     manusia dari  aspek

     hidup batin

 

Pelajar Pancasila merupakan pelajar yang memiliki karakter berlandaskan falsafah Pancasila atau memiliki nilai sila-sila Pancasila secara utuh dan komprehensif.

 

Nilai karakter yang ada pada tiap sila Pancasila sendiri terdiri dari nilai karakter religius, peduli sosial, kemandirian, patriotisme atau rela berkorban untuk negara, kebersamaan, demokratis serta keadilan.

 

Profil Pelajar Pancasila memiliki enam dimensi utama yaitu:

 

Beriman dan bertaqwa terhadap

    Tuhan Yang Maha Esa dan

     Berakhlak Mulia
Kreatif
Gotong Royong
Berkebhinekaan Global
Bernalar Kritis
Mandiri

 

Enam dimensi tersebut kemudian dirangkum dalam satu rangkaian profil yang tidak terpisahkan, sebagai berikut:

 

Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”

 

Menurut Jon, inkuiri apresiatif dapat menyuntikkan energi, harapan dan optimisme ketika kebutuhan untuk perubahan telah teridentifikasi

 

Pendekatan Inkuiri Apresiatif ini dalam penerapannya di Pendidikan Guru Penggerak (PGP) di terapkan melalui sintak BAGJA, yakni :

 

 Buat Pertanyaan (Define);

Ambil pelajaran (Discover);

Gali mimpi (Dream);

Jabarkan rencana (Design); dan

A-ur eksekusi (Deliver).

 

SRL { Pembelajaran mandiri } adalah proses di mana siswa dilibatkan dalam mengidentifikasi apa yang perlu untuk dipelajari dan menjadi pemegang kendali dalam menemukan dan mengorganisir jawaban.

 

pembelajaran mandiri memiliki tiga tahap:

1.Pemikiran, peserta didik

   mempersiapkan pkerjaan

   sebelum kinerja pada

   pembelajaran mereka;

2. Kontrol  kinerja

3.Refleksi diri

 

Definisi Community of Practice ini adalah sebuah komunitas yang berisikan sekelompok orang yang memiliki profesi sama berbagi pengetahuan tentang topik tertentu yang spesifik dengan tujuan meningkatnya ilmu pengetahuan, membangun relasi serta membuat keputusan kebijakan dari waktu ke waktu

 

Sebuah pembelajaran kolaboratif sosial untuk pemecahan masalah, berbagi informasi, membentuk praktek, memacu inovasi, dan memfasilitasi pembelajaran melalui proses partisipasi (

 

Tujuan dari Community of Practice ini adalah menyediakan cara bagi para praktisi untuk berbagi ilmu, tips, saran dan pengalaman-pengalaman terbaik. Bertanya ke rekan sejawat atau seprofesi serta mendukung satu sama lainnya.

 

Self maturity adalah suatu kemampuan individu untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu agar berfungsi dalam tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi.

 

Tiap individu yang telah mencapai usia dewasa biasanya akan berusaha mencapai tingkat mature karena orang yang telah dewasa mempunyai kemungkinan-kemungkinan pertumbuhan perkembangan sehingga memiliki ciri-ciri tertentu dalam kematanga

 

1.Dinamika Kelompok sangat penting karna dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap  agar memiliki disiplin, komitmen dan integritas moral serta tanggung jawab

 

2.Dinamika kelompok  mampu meningkatkan

Kompetensi kepribadian dan social dari kepala sekolah

 

 

3.Hal baru yang dapat saya ambil dari Filosofi  pendidikan KHD adalah Metode pendidikan  sistem among yaitu

pendidikn menyang

kut daya cipta (kognitif), daya rasa (afektif), dan daya karsa (konatif). Singkatnya,

 

educate the head, the heart, and the hand !”

 

3.Guru professional   harus  memiliki keunggulan

dalam mengajar

(fasilitator) , dalam

hubungan (relasi dan komunikasi) dengan peserta didik dan anggota komunitas sekolah; dan juga relasi , dan komunikasinya dengan pihak lain (orang tua,komite sekolah, pihak terkait);segi administrasi

sebagai guru; dan sikap

 

 

 

1.Profil Pelajar Pancasila berguna sbg referensi skolah untuk mrancang pembelajaran dan juga pengembangan budaya sekolah

 

2.Pendidikan karakter ini di ajarkan sejak dini kepada peserta didik mulai dari sekolah dasar hingga prguruan tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Inkuiri apresiatif dapat mnyuntikkan energi, harapan dan optimisme ketika kebutuhan untuk perubahan telah teridentifikasi.

 

Iinkuiri apresiatif  bekerja dengan asumsi bahwa lingkungan ini tercipta untuk mendukung sistem kehidupan dan selalu tersedia kapasitas yang sedang berjalan dengan baik.

Pembelajaran Mandiri sangatt pentng untuk diterapkan pada sisw agar terbentuk karakter siswa :

-          Disiplin

-          Kreatif

-          Efektiv

-          Efisien

-          mandiri

 

 

 

      Community of Practice (CoP) sangat penting untuk diterapkan karna dapat menambah wawasan kita sesame Kepala Sekolah untuk berbagi pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku untuk mendorong terjadinya proses pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hal baru yang dapat diambil dari SM (kematangan diri)

seorang kepala sekolah harus berani dalam  membawa  kondisi sekolah yang kondusif untuk terciptanya lingkungan dan komunitas

belajar yang memungkinkan untuk terciptanya sekolah yang unggul .

 

 

 

2

Manajerial SekIoolah

 

 A.

Memimpin Upaya mewujudkn visi sekolah menjadi budaya belajar yang berpihak pada murid

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Penyususnan

    RKS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Pengelolaan

    Standar

    kelulusan     

    (pengelolan

  peserta didik )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. pngelolaan

    standar isi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.Pengelolaan standr   proses

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.Pengelola

    an

   standar

   penilaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.

5 Hal yng harus diperhatikan

   selaku Kepla Sekolah :

 

1. Program Sekolah

2. Kepemimpinan sekolah

3.Pengawasan dan

   Evaluasi

4.Penglolaan SIM Sekolah

5.Mewujudkan visi sekolah

 

Ada beberapa faktor untuk memcapai visi sekolh yaitu:

 

a. kepemimpinan kepala

    sekolah yang profesional

b. guru-guru yang tangguh

    dan profesional

c. memiliki tujuan pencapa-

    ian filosofis yang jelas

d. lingkungan yg kondusif

    untuk pembelajaran

e. jaringan organisasi yang

    baik

f. kurikulum yang jelas

g. evaluasi belajar yg baik

h. partisipasi orang tua

    murid  aktif dalam

    kegiatan sekolah

 

RKJM adalah rencana kerja yang berisi tujuan, program, kegiatan, dan estimasi sumber daya untuk jangka waktu 4 (empat) tahun. Sedangkan RKT adalah program jangka pendek atau tahunan sebagai jabaran atau operasionalisasi RKJM.

 

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dapat dikatakan sebagai

 

 kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang di miliki peserta didik sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati,

SKL memiliki ruang lingkup, di antaranya:

1.    SKL satuan pendidikan (SKL-SP)

2.    SKL kelompok mata pelajaran (SKL-KMP)

3.    SKL  mata pelajaran (SKL-MP)

fungsi dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL):

1.    Sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik,dari satuan pendidikan

2.    Pada pendidikan Dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasn pngetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

 

Standar Isi disesuaikan dengan substansi tujuan pendidikan nasional dalam domain sikap spiritual dan sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan

 

Standar isi yang secara keseluruhan mencakup hal- hal sebagai berikut.

1.Kerangka dasar dan struktur kurikulum yang merupakan pedoman dalam penyusunan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan.

2. Beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah

3. Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang akan dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan panduan penyusunan kurikulum sebagai bagian tidak terpisahkan dari standar isi.

4. Kalender pendidikan untuk penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah

Standar proses adalah kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan satuan pendidikan dasar menengah untuk mencapai kompetensi lulusan. 

Adapun tujuan standar proses adalah sebagai berikut.

1.    Memudahkan guru dalam membuat perencanaan di sekolah, baik perencanaan semester atau tahunan.

2.    Memudahkan kepala sekolah dalam memantau keberhasilan proses pembelajaran di sekolah.

3.    Mengarahkan proses belajar peserta didik agar mengacu pada tujuan akhir yang hendak dicapai, yaitu standar kompetensi lulusan.

Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah

Adapun fungsi standar pengelolaan adalah sebagai berikut.

1.    Sebagai acuan untuk mengelola sistem pendidikan di tingkat sekolah/madrasah, baik dari sisi kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, pembiayaan, dan sebagainya.

2.    Memudahkan sekolah/madrasah dalam mengembangkan rencana kerja tahunan.

3.    Sebagai pedoman seluruh warga sekolah/madrasah

Kepala sekolah dalam Penyusunan RKS  didalamnya memuat:

-    visi sekolah ,

-    pengelolaan standar kelulusan,

-     pengelolaan standar isi,

-    pengelolaan standar proses dan

-     pengelolaan standar penilaian

 

      Semua hal tsb perlu dilakukan secara optimal agar mampu mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada peserta didik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kepala sekolah harus mampu melakukan :

 

a. Bekerjasama dgn berbagai pihak untuk mendukung kualitas pembelajaran

b. Memberi penghargaan kepada siswa yang berprestasi

c. meningkatkan fungsi Bursa Kerja Khusus,

d. meningkatkan kegiatan siswa dalam bidang sosial, budaya, dan agama,

e. melakukan penelusuran alumni dan pengarsipan data alumni, dan

f. menyediakan fasilitas dan memfungsikan seluuruh sumber belajar.

 

 

 

 

 

 

 

Hal baru yang diperoleh dalam pengelolaan standard isi yaitu mencakup :

1. Kerangka dasar dan Struktur Kurikulum

2. Beban belajar bagi siswa

3. Pengembangan kurikulum

4.Kalender pendidikn

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar proses bisa memberikan manfaat yang cukup signifikan pada pembelajaran, yaitu pembelajaran yang dilakukan oleh guru selalu terarah, efektif, dan efisien, sehingga peserta didik bisa lebih mudah dalam mengimplementasikan ilmu yang didapatkannya.

 

Sedangkan tugas Kepala Sekolah yaitu melakukan Pengawasan / suvervisi

 

 

 

Hal baru yang diperoleh yaitu  pengelolaan standard pnilaian  bertujuan  untuk mengarahkan sekolah/madrash agar memiliki tata kelola yang efektif, efisien, akuntabel, dan sistematis guna mendukung KBM disekolah

Kepala sekolah juga haraus mampu dalam hal :

1. Pengelolaan Standar Pendidik dan Tenaga Pendidikan

2. Pengelolan Standar Sarana dan Prasarana

3. Pengelolaan Standar Pengelolaan

4. Pengelolaan Standar Pembiayaan

3

coaching dalam Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan

 

 

 

Coaching adalah gaya pembinaan dengan cara berkomunikasi, yang lebih banyak mendengar secara aktif serta bertanya untuk menggali lebih banyak serta memberikan umpan balik positif yang konstruktif dalam rangka menggali pencapaian potensi diri dari orang yang dituntunnya (coachee}

 

Berdasarkan tujuan dari implementasi coaching Dibagi 4 jenis

 

1. Coaching untuk mendu

kung pembelajaran

2. Coaching untuk kinerja

3. Coaching untuk pengembangan kepemimpinan

4. Coaching tim dan kelompok

 

Supervisi ditujukan hanya pada  dua aspek, yakni :.

 

1. Supervisi manajerial (tenaga kependidikan) menitikberat

    kan pada pemantauan, pembinaan, dan pembim

    bingan pada aspek-aspek pengelolaan dan adminis

    trasi sekolah yang berfungsi sebagai pendukung terlak

    sananya pembelajaran.

 

2. Supervisi akademik menitikberatkan pada pemantauan, pembinaan, dan pembimbingan pengawas terhadap kegiatan akademik, berupa pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas.

 

langkah-langkah yang dilakukan kepala sekolah dalam melakukan pembinaan kepada guru :

1. Menemukan potensi

2. Memberi apresiasi

3. Mengukur kepuasan

    kinerja

4. Menemukan kekurangan

    kinerja

5. Menemukan perbaikan

6. Berkomitmen

 

Macam-macam Instrumen Supervisi Akademik

 

a) Pedoman Observasi

b) Pedoman Wawancara

c) Daftar Cek/Kendali

 

Hal baru yang dipero leh yaitu

1.Coaching

 dilaksanakan setelah kepala sekolah melaksanakan supervisi. Hasil supervisi akan dianalisis mana yang menjadi potensi guru dan mana yang menjadi kelemahan guru dalam mengajar.

 

2.kepala sekolah harus memiliki ktrampiln mendengarkan dg baik, kemampuan bertanya yang jitu dan pengelolaan emosi yg mtang sehingga dapat sabar, empati dalam mlakukan coaching dengan guru.

 

3. Kepala sekolah harus mengetahui dan memahami Permendikbud nomor 15 tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah

 

4.Seorang guru harus mampu mmetakan kebutuhan Belajar Murid menjasi 3 asfek  1.Kesiapan

       belajar murid

    2.Minat murid

    3.Profil belajar 

       murid

 

4

Pengembangan Kewirausahaan

 

Kewirausahaan merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh kepala sekolah

 

Adapun beban kerja kepala sekolah terkait dengan pengembangan kewira usahaan adalah sebagai berikut:

a. Merencanakan

b. Melaksanakan

c. Evaluasi.

Ada lima karakter kepemim

pinan kewirausahaan :

(1) proaktif;

(2) inovatif;

(3) berani mengambilan

     risiko;

(4) kerja keras dan pantang

     menyerah; dan

(5) motivasi berprestasi

     tinggi.

 

Cara-Cara Mengembangkan Kewirausahaan

 

Melakukan evaluasi diri tentang tingkat/level kepemim

pinan kewirausahaan

 

Mencari ide, gagasan, ilham yang orisinil, baru dan berbeda dari yang pernah ada sebelumnya

 

Melakukan berbagi pemecahan masalah dengan melibatkan warga sekolah

Hal baru yang

diperoleh yaitu :

 

 Ada 3 cara menge

mbangkan Kewira

usahaan

 

1. Melakukan evaluasi diri tentang ingkat/

     level kepemimpinan kewirausahaan

 

2.Mencari ide, gagasan, ilham yang orisinil, baru dan berbeda dari yang pernah ada sebelumnya

 

3.Melakukan berbagi pemecahan masalah dengan melibatkan warga sekolah

5

Rencana Tindak Lanjut

 

 

1.  Latar belakag dan ruang lingkup OJT1 dan OJT2

 

2.  Rambu-rambu OJT

 

3.  Rencana proyek kepe-

mimpinan:

 

4.  Peningkatan kompetensi:

 

5.  Monitoring dan evaluasi

 

6.  Jadwal RTL

 

7.  Laporan RTL

 

8.  Kegiatan gelar karya

 

Rencana Tindak Lanjut (RTL) action comitmen plan (acp } adalah

-> Suatu proses mempersiapkan secara sistematik kegiatan - kegiatan yang      akan didahulukan untuk mencapai  tujuan trtentu
    

 ->Perhitungan dan penentuan dari apa yang akan dijalankan dalam rangka         mencapai suatu obyek tertentu, dimana, bilamana, oleh siapa dan         bagaimana caranya

 

RTL/ACP  disusun setelah mengikuti Salah satunya yaitu Diklat Calon Kepala Sekolah yang dilaksanakan dengan 4 (empat) tahap yaitu 1. tahap OJT 1,

2. tahap IST 1,

3. tahap OJT  2,

4. tahap IST 2

 

Rencana Tindak lanjut yang harus dicapai oleh peserta diklat pada OJT 1 adalah

 

kemampuan mengidentifikasi permasalahan pembelajaran yang akan dipecahkan melalui rencana proyek kepemimpinan, dan menemukan kompetensi/

indikator kompetensi yang masih lemah yang akan ditingkatkan dalam kegiatan peningkatan kompetensi di OJT 2.

RTL/ACP  disusun setelah mengikuti suatu kegiatan pelatihan Salah satunya yaitu Diklat Calon Kepala Sekolah yang dilaksanakan dengan 4 (empat) tahap yaitu

 

1. tahap OJT 1,

2. tahap IST 1,

3. tahap OJT  2,

4. tahap IST 2

 

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut nantinya dibuat dalam sebuah laporan yang disusun secara sistematsi sesuai pedoman dan format yang diberikan oleh Asesor

 

Petunjuk pengisian hasil refleksi pendalaman bahan pembelajaran:

1.  Kolom “a” diisi dengan nomor urut;

2.  Kolom “b” diisi dengan nama Mata Diklat;

3.  Kolom “c” diisi dengan materi yang ada dalam bahan pembelajaran

4.  Kolom “d” diisi dengan resume hasil eksplorasi materi secara garis besar;

5.  Kolom “e” diisi dengan hal-hal baru yang diperoleh setelah mendalami

materi.

Catatan:

Peserta mengunggah hasil refleksi pendalaman bahan pembelajaran ke LMS yang telah disediakan apabila moda daring.

Peserta mempresentasikan hasil pengisian instrument refleksi bahan pembelajaran dan mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada pengajar diklat.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tugas 02-OJT 1 Melakukan Refleksi Pendalaman Bahan Pembelajaran

0 komentar:

Posting Komentar