Tugas 09-IST 1
a. Tugas 09-IST 1. Mengisi Matrik Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK)
Peserta mengisi Matrik Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK) sebagai bentuk perencanaan kegiatan RPK. Pengisian Matrik RPK ini masih berkaitan dengan Masalah Utama dan gagasan inovasi yang dipilih (Tugas 04-OJT 1 yang telah dikerjakan sebelumnya.
Adapun Format Isian Matrik Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK) ini dapat diunduh peserta dari LMS yang telah disediakan.
Tabel 09-IST 1. Matrik Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK)
Nama : BASRI , S.Pd.
Instansi : SDN 3 SRIKATON
Masalah yang dipilih : Rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan media
pembelajaran berbasis audio visual
Pemecahan Masalah :Pelatihan Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Menggunakan Media
Pembelajaran Berbasis Audio Visual
Judul RPK : Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menggunakan
Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Melalui IHT
Tujuan |
Indikator Keberhasilan |
Program/ Kegiatan |
Langkah-langkah Kegiatan |
Sumber Daya |
Metode Pengumpulan Data |
Pencapaian Students Wellbeing |
a |
B |
c |
d |
E |
f |
g |
1. Meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran Berbasis Audio Visual
2. Meningkatkan kompetensi Calon Kepala Sekolah
|
· Meningkatnya kemampuan peserta dalam menggunakan media Pembelajaran Berbasis Audio Visual
· Peserta dapat menggunakan media Pembelajaran Berbasis Audio Visual
|
Pelatihan Penggunaan media Pembelajaran Berbasis Audio Visual |
SIKLUS I 1. Persiapan
a.Berkoordinasi dengan kepala sekolah, staf operator dan teman sejawat yang ditugasi membantu pelaksanaan Pelatihan
b. Sosialisasi kepada warga sekolah
c. Menyusun program perencanaan tindakn (panduan kegiatan) Meliputi pendahuluan, pelaksanakan dan penutup
d.Menetapkan SK kepanitiaan, daftar hadir narasumber, daftar hadir panitia dan daftar hadir peserta. - Menghubungi nara Sumber -.Menentukan Narasumber - Menentukan jadwal dan Tempat -.Membuat undangan untk narasumber dan peserta -.Menyiapkan materi- materi Pelatihan - Menyusun instrumen monitoring dan evaluasi
2. Pelaksanaan · Mengecek persiapan: sarana, absensi peserta · Susunan Acara: Pembukaan ·1. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya 2.Laporan Ketua Panitia (CKS) 3.Sambutan dari Kepala Sekolah 4.Paparan Materi dari fasilitator 5. Praktik penggunaan perangkat pembelajaran 6.Presentasi hasil 7.Pengumpulan tugas peserta 8.Mendokumentasikan hasil kegiatan · Doa · Tutup 3. Monitoring dan Evaluasi
a.Melakukan monitoring meliputi: · perencanaan · pelaksanaan · tindak lanjut
b.Melakukan evaluasi di akhir pelaksanaan untuk mengetahui pencapaian indikator keberhasilan.- Membagikan instrumen monev kepada peserta
4. Refleksi
a.Menganalisis hasil kegiatan b..Menyusun rekomendasi pelaksanaan kegiatan.
a.merancang program perbaikan berdasarkan rekomendasi; b.melaksanakan hasil rekomendasi.
|
Sumber daya manusia: 1. Kepala Sekola 2. Guru ahli IT 3. Guru-guru 4. Operatr sekolah 5. Sarana prasarana:
a.Komputer/ Laptop b.in fokus c. Jenis-jenis media c.Instrume monev |
Metode : 1. Wawancara, 2. Studi dokumentasi 3. Diskusi 4. Observasi |
Motivasi, bahagia, puas, bekerja sama, percaya diri, disiplin dan bertanggung jawab |
SIKLUS II 1. Persiapan
a. Menyusun program siklus II dengan mem buat instrumen monev & perbaikan tentangpenggunaan media pembelajaran berbasis audio visua
b. Menyusun materi pemanfaatan tutor sebaya untk mningkatkn pola pembimbingan secara intensif.
c. Menentukan guru yang aknmelakukan pendampingan atau menjadi tutorsebaya dalam pelatihan
a.Melakukan kegiatan dengan pemanfaatan tutor sebaya untuk meningkatkan pola pembimbingan secara intensif.
b.Memfasilitasi guru untuk menggunakan media pembelajaran berbasis audio visual.
c.Mendampingi proses penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual.
d.Mengkoordinir keberhasilan guru dalam memahami menggunakan media pembelajaran berbasis audio visual.
3.Monitoring evaluasi:
a. Melakukan monitoring kegiatan tutor sebaya untuk meningkatkan pola pembimbingan secara intensif.
b.Melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan tutor sebaya untuk meningkatkan pola pembimbingan secara intensif.
4. Refleksi
a. Mencermati hasil evaluasi terhadap pencapaian kegiatan tutor sebaya untuk meningkatkan pola pembimbingan secara intensif dalam kegiatan pelatihan . b.Menentukan keberhasilan guru dalam memahami penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual.
c.Menindaklanjuti keberhasilan guru dalam memahami penggunakan media pembelajaran berbasis audio visual, melalui kegiatan pembelajaran. |
Petunjuk pengisian matrik RPK:
1. Kolom a : diisi dengan tujuan yang hendak dicapai;
2. Kolom b : diisi dengan indikator yang dapat diukur;
3. Kolom c : diisi dengan nama program yang akan dilakukan;
4. Kolom d : diisi dengan tahapan kegiatan untuk menyelesaikan program;
5. Kolom e : diisi dengan sumber daya yang digunakan untuk mendukung program;
6. Kolom f : diisi dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam melaksanakan Rencana Proyek Kepemimpinan
7. Kolom f : diisi dengan students wellbeing yang akan dicapai.
Catatan: Peserta mengunggah hasil isian Matrik RPK ke LMS yang telah disediakan (bagi peserta diklat dengan moda daring)
Rubrik Penilaian Perencanaan RPK (meliputi Matrik, Instrumen Monev, dan jadwal RTL):
Nilai |
Indikator |
|
91 - 100 |
apabila seluruh indikator terpenuhi dan terdapat keterkaitan antara isian kolom satu dengan lainnya |
Bagian Matrik RPK: 1. Tujuan meliputi tiga yang dirumuskan secara jelas 2. Indikator dirumuskan secara rinci, detail, dan dapat diukur untuk mencapai tujuan 3. Nama program pengembangan sekolah dituliskan dengan jelas untuk mencapai tujuan 4. Langkah-langkah dirumuskan secara urut, logis, dan aplikatif dan menggambarkan pencapaian tujuan 5. Sumber daya dirumuskan secara lengkap dan relevan dengan kebutuhan kegiatan 6. Metode pengumpulan dang dipilih tepat, sesuai dan efektif 7. Students Wellbeing yang terukur dan relevan dengan program yang dilakukan |
81 – 90,99 |
apabila empat indikator terpenuhi dan terdapat keterkaitan antara isian kolom satu dengan lainnya |
|
71 – 80,99 |
apabila tiga indikator terpenuhi dan terdapat keterkaitan antara isian kolom satu dengan lainnya |
|
< 70,99 |
apabila kurang dari dua indikator yang terpenuhi |
0 komentar:
Posting Komentar