Sabtu, 20 November 2021

Tugas 09-IST 1. Mengisi Matrik Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK)

 

Tugas 09-IST 1  



a.    Tugas 09-IST 1. Mengisi Matrik Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK)

 

Peserta mengisi Matrik Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK) sebagai bentuk perencanaan kegiatan RPK. Pengisian Matrik RPK ini masih berkaitan dengan Masalah Utama dan gagasan inovasi yang dipilih (Tugas 04-OJT 1 yang telah dikerjakan sebelumnya.

Adapun Format Isian Matrik Rencana Proyek Kepemimpinan  (RPK) ini dapat diunduh peserta dari LMS yang telah disediakan.

 

Tabel 09-IST 1. Matrik Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK)

 

Nama          : BASRI , S.Pd.

Instansi     : SDN 3 SRIKATON

 

Masalah yang dipilih     :  Rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan media

                                              pembelajaran berbasis audio visual

 

Pemecahan Masalah :Pelatihan  Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Menggunakan  Media

                                              Pembelajaran  Berbasis Audio Visual

 

Judul RPK                     : Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menggunakan    

                                        Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Melalui IHT

 

Tujuan

Indikator Keberhasilan

Program/ Kegiatan

Langkah-langkah Kegiatan

Sumber Daya

Metode Pengumpulan Data

Pencapaian Students Wellbeing

a

B

c

d

E

f

g

1.              Meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan

media pembelajaran Berbasis Audio Visual

 

2.              Meningkatkan kompetensi Calon Kepala Sekolah












·    Meningkatnya kemampuan peserta dalam menggunakan  media Pembelajaran  Berbasis Audio Visual

 

·    Peserta dapat menggunakan  media Pembelajaran Berbasis Audio Visual

 

Pelatihan Penggunaan  media Pembelajaran Berbasis Audio Visual

SIKLUS I

1. Persiapan 

 

a.Berkoordinasi dengan kepala sekolah, staf operator dan teman sejawat yang ditugasi membantu pelaksanaan Pelatihan

 

b. Sosialisasi kepada

     warga sekolah

 

c. Menyusun program

  perencanaan tindakn  

    (panduan kegiatan) 

    Meliputi

    pendahuluan,

    pelaksanakan dan

    penutup

 

d.Menetapkan SK kepanitiaan, daftar hadir narasumber, daftar hadir panitia dan daftar hadir peserta.

  - Menghubungi nara

    Sumber

  -.Menentukan

    Narasumber

  - Menentukan jadwal

    dan   Tempat

  -.Membuat undangan

   untk narasumber dan

    peserta

  -.Menyiapkan materi-

    materi      Pelatihan

-  Menyusun instrumen monitoring dan evaluasi 

 

2. Pelaksanaan 

·   Mengecek persiapan:   sarana, absensi peserta

·   Susunan Acara:

  Pembukaan

·1. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

2.Laporan Ketua Panitia (CKS)

3.Sambutan dari Kepala Sekolah

4.Paparan Materi dari fasilitator

5. Praktik penggunaan  perangkat pembelajaran

6.Presentasi hasil

7.Pengumpulan tugas peserta

8.Mendokumentasikan hasil kegiatan

·      Doa

·      Tutup

3. Monitoring dan Evaluasi 

 

a.Melakukan monitoring

    meliputi:

·   perencanaan 

·   pelaksanaan

·   tindak lanjut

 

b.Melakukan evaluasi di   akhir pelaksanaan untuk   mengetahui   pencapaian   indikator keberhasilan.-    Membagikan instrumen monev kepada peserta

 

4. Refleksi

 

a.Menganalisis hasil

   kegiatan

b..Menyusun 

    rekomendasi 

pelaksanaan kegiatan.


5.Tindak lanjut

 

a.merancang program

perbaikan berdasarkan

 rekomendasi;

b.melaksanakan hasil

    rekomendasi.

 

Sumber daya manusia:

1. Kepala Sekola

2. Guru ahli IT

3. Guru-guru 

4. Operatr sekolah

5. Sarana prasarana:

 

a.Komputer/ 

   Laptop

b.in fokus

c. Jenis-jenis

   media

c.Instrume

   monev

Metode : 

1.  Wawancara,

2.  Studi dokumentasi

3.  Diskusi

4.  Observasi

Motivasi, bahagia, puas, bekerja sama, percaya diri, disiplin dan bertanggung jawab




SIKLUS II

1.    Persiapan

 

a. Menyusun program

    siklus II dengan mem    buat instrumen

    monev & perbaikan

    tentangpenggunaan

    media pembelajaran

    berbasis audio visua

 

b. Menyusun materi

    pemanfaatan    tutor

    sebaya untk 

    mningkatkn

    pola pembimbingan

    secara     intensif.

 

c. Menentukan guru 

    yang aknmelakukan

    pendampingan atau

    menjadi tutorsebaya

    dalam    pelatihan


Pelaksanaan Tindakan

 

a.Melakukan kegiatan dengan pemanfaatan tutor sebaya untuk meningkatkan pola pembimbingan secara intensif. 

 

b.Memfasilitasi guru untuk menggunakan  media pembelajaran berbasis audio visual.

 

c.Mendampingi proses penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual.

 

d.Mengkoordinir keberhasilan guru dalam memahami menggunakan  media pembelajaran berbasis audio visual.

 

3.Monitoring evaluasi:

 

a. Melakukan monitoring kegiatan tutor sebaya untuk meningkatkan pola pembimbingan secara intensif.

 

b.Melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan tutor sebaya untuk meningkatkan pola pembimbingan secara intensif.

 

4. Refleksi

 

a. Mencermati hasil evaluasi terhadap pencapaian kegiatan tutor sebaya untuk meningkatkan pola pembimbingan secara intensif dalam kegiatan pelatihan

.

b.Menentukan keberhasilan guru dalam memahami penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual.

 

c.Menindaklanjuti keberhasilan guru dalam memahami penggunakan  media pembelajaran berbasis audio visual, melalui kegiatan pembelajaran.




 

Petunjuk pengisian matrik RPK:

1.    Kolom a    : diisi dengan tujuan yang hendak dicapai;

2.    Kolom b    : diisi dengan indikator yang dapat diukur;

3.    Kolom c    : diisi dengan nama program yang akan dilakukan;

4.    Kolom d    : diisi dengan tahapan kegiatan untuk menyelesaikan program;

5.    Kolom e    : diisi dengan sumber daya yang digunakan untuk mendukung program;

6.    Kolom f    : diisi dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam melaksanakan Rencana Proyek Kepemimpinan

7.    Kolom f    : diisi dengan students wellbeing yang akan dicapai.

Catatan: Peserta mengunggah hasil isian Matrik RPK ke LMS yang telah disediakan (bagi peserta diklat dengan moda daring)

 

Rubrik Penilaian Perencanaan RPK (meliputi Matrik, Instrumen Monev, dan jadwal RTL):

Nilai

Indikator

91 - 100

apabila seluruh indikator terpenuhi dan terdapat keterkaitan antara isian kolom satu dengan lainnya

Bagian Matrik RPK:

1.    Tujuan meliputi tiga  yang dirumuskan secara jelas

2.    Indikator dirumuskan secara rinci, detail, dan dapat diukur untuk mencapai tujuan

3.    Nama program pengembangan sekolah dituliskan dengan jelas untuk mencapai tujuan

4.    Langkah-langkah dirumuskan secara urut, logis, dan aplikatif dan menggambarkan pencapaian tujuan

5.    Sumber daya dirumuskan secara lengkap dan relevan dengan kebutuhan kegiatan

6.    Metode pengumpulan dang dipilih tepat, sesuai dan efektif

7.    Students Wellbeing yang terukur dan relevan dengan program yang dilakukan 

81 – 90,99

apabila  empat indikator terpenuhi dan terdapat keterkaitan antara isian kolom satu dengan lainnya

71 – 80,99

apabila  tiga indikator terpenuhi dan terdapat keterkaitan antara isian kolom satu dengan lainnya

< 70,99

apabila kurang dari dua indikator yang terpenuhi

 

 

Penerimaan Tropy dari Dinas Lingkungan Hidup

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tugas 09-IST 1. Mengisi Matrik Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK)

0 komentar:

Posting Komentar