Tugas 02-IST1
Tugas 02-IST1. Refleksi nilai-nilai karakter dalam Implementasi Kepemimpinan Sekolah
NAMA CKS : BASRI ,S.Pd
Asal Instansi : Musi Rawas
Lakukanlah refleksi secara mandiri dengan menjawab beberapa pertanyaan sebagai berikut!
1. Hal-hal apakah yang telah Saudara pelajari dalam mata diklat pembentukan karakter?
2. Apakah kelebihan yang Saudara peroleh berkaitan dengan nilai karakter setelah pembelajaran mata diklat pembentukan karakter?
3. Apakah kelemahan yang masih perlu ditingkatkan?
4. Strategi apakah yang akan Saudara lakukan untuk meningkatkan karakter yang masih SaudaraUN rasakan sebagai kelemahan?
5. Isilah tabel berikut untuk menguatkan pemahaman Saudara!
Tabel Tugas 02-IST1. Refleksi Nilai Karakter dalam Implementasi Kepemimpinan Sekolah
No |
Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah |
Konsep Nilai Karakter |
Nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan |
Strategi penerapan dalam tindakan*) |
a |
b |
c |
d |
e |
1. |
Supervisi Guru dan Tendik
|
Self Regulated Learning
Coaching dan mentoring
Community of practice
Self Maturity |
Contoh: disiplin, jujur, kreatif, demokratis, adil,
disiplin, jujur, bertanggung jawab,demokratis
kreatif,bertanggung jawab,demokratis
Religius,kreatif,bertanggu ng jawab,demokratis, kerja keras,komitmen,mandiri |
Contoh: Disiplin: Menjadi teladan bagi guru/tendik dan siswa di sekolah
Jujur: Berkata sesuai dengan keadaan yang sebenarnya sehingga pada saat melaksanakan pembinaan tidak berprasangka buruk terhadap siapapun
Kreatif: Pada saat melaksanakan pembinaan berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hal baru dari sesuatu yang dimiliki
Demokratis: selalu berupaya menstimulasi warga sekolah untuk bekerja dan belajar secara koperatif dalam rangka mencapai tujuan bersama
Disiplin Menjadi teladan bagi guru/tendik dan siswa di sekolah Jujur Berkata sesuai dengan keadaan yang sebenarnya
Bertanggung jawab Kepala sekolah yang profesional memiliki tanggung jawab yang besar terhadap maju mundurnya pengelolaan sekolah yang dibinanya.
Demokratis: Demokratis:selalu berupaya menstimulasi warga sekolah untuk bekerja dan belajar secara koperatif dalam rangka mencapai tujuan bersama
Kratif Kepala sekolah harus memiliki daya kreatifitas yang tinggi dalam menyelesaikan masalahmasalah pendidikan dan kualitas pendidikan.
Demokratis:
selalu berupaya menstimulasi warga sekolah untuk bekerja dan belajar secara koperatif dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan.
Bertanggung jawab Kepala sekolah yang profesional memiliki tanggung jawab yang besar terhadap maju mundurnya pengelolaan sekolah yang dibinanya
Religius Kepala sekolah yang profesional memiliki pengetahuan,pemahaman,penghayatan, penyadaran dan pengamalan beragama yang benar terhadap agama yang dianutnya sehingga akan menjadi contoh bagi guru, tendik, dan peserta didik.
Beranggung jawab Prilaku kepala sekolah yang bertanggung jawab akan selalu Tidak mudah menyerah dan terus mengupayakan keberhasilan, melakukan yang terbaik setiap saat Loyal dalam mentaati perintah sesuai dengan tugas dan kewajiban. Kerja keras Kepala sekolah dengan kerja keras akan menjadikan kepala sekolah yang sukses.
|
2 |
Manajerial Sekolah |
Self Regulated Learning |
Demokratis, jujur, kerja keras, Rasa ingin tahu dan tanggung jawab |
Demokratis Kepala sekolah selalu menerima dan mengharapkan pendapat dan saran dari guru, tendik dan warga sekolah yang dipimpinnya.
Jujur Kepala sekolah selalu dapat dipercaya dalam perkataan tindakan dan pekerjaan, jujur dalam ucapannya benar dalam tindakkanya, tuntas dan berkuwalitas dalam pekerjaanya.
Kerja keras Kepala sekolah harus selalu menujukkan upaya sunggu2 dalam mengatasiberbagai hambatan, diimbangi dengan karakter lainnya seperti, disiplin, tanggung jawab, dan religius iya akan melaksanakan tugas dengan baik.
Rasa ingin tahu Kepala sekolah yang professional dengan rasa ingin tahunya yang tinggi makai a akan selalu mningkatkan kompetensinya untuk belajar dan belajar, menggali inpormasi dari baegai sumber dalam rangka memenuhi rasa kaingin tahuannya.
Tanggung jawab Tidak merasa tenang jika pekerjaannya dikerjakan oleh orang lain, memikirkan dengan cerdas dan cermat resiko dan akibat dari ucapan dan perbuatannya Menyelesaikan pekerjaan dengan sungguh-sungguh |
|
Kewirausaha an |
Self Regulated Learning |
Inovasi, Tanggung Jawab dan Komitmen |
Inovasi Selalu menciptakan ide atau gagasan atau produk yang bercirikan hal baru. Usaha mengkreasikan dan engimplementasikan sesuatu menjadi satu kombinasi ehingga, dengan inovasi seseorang dapat menambahkan nilai dari produk, pelayanan,proses kerja,dan kebijakan pendidikan tidak hanyabagi lembaga pendidikan tapi juga Stakeholder dan masyaraka
Tanggung Jawab usaha sadar untuk melakukan perubahan sikap dan perilaku kearah kedewasaan, dengan salah satu indikatornya adalah kemampuan memikul tanggung jawab dan amanah. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja, serta memiliki makna perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Kemampuan bertanggungjawab yang dibangun melalui proses pendidikan meliputi tanggung jawab vertical (kepada Tuhan), tanggung jawab horizontal (kepada diluar dirinya,) dan tanggung jawab personal.
Komitmen sesuatu yang berhubungan dengan perjanjian, tanggung jawab, dan dedikasi terhadap suatu hal. Tapi sebenarnya, apa arti komitmen. Dari penjelasan tersebut dapat kita pahami bahwa dalam komitmen terdapat kesatuan yang tidak terpisahkan antara rencana, janji, tindakanatau pelaksanaan, serta tanggung jawab.
|
*) baca bahan bacaan Pembentukan karakter kepala sekolah
Petunjuk pengisian Tugas 02-IST 1:
1. Kolom “a” diisi dengan nomor urut
2. Kolom “b” diisi dengan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah (sudah terisi)
3. Kolom “c” diisi dengan konsep nilai karakter
4. Kolom “d” diisi dengan nilai-nilai karakter yang perlu dikembangkan (jenis nilai karakter mengacu kepada bahan bacaan “Pembentukan Nilai Karakter Kepala Sekolah” di bagian refleksi
5. Kolom “e” diisi dengan strategi penerapan dalam tindakan dari setiap nilai-nilai yang akan dikembangkan
Rubrik Penilaian:
Nilai |
Indikator |
|
91 - 100 |
Seluruh indikator terpenuhi |
1. Menuliskan tiga tugas pokok kepala sekolah 2. Menuliskan minimal 1 konsep karakter yang sesuai dengan tugas pokok KS 3. Menuliskan minimal 2 nilai karakter yang akan dikembangkan 4. Menjelaskan strategi penerapan dalam tindakan dari setiap karakter yang disebutkan |
81 – 90,99 |
tiga indikator terpenuhi |
|
71 – 80,99 |
dua indikator terpenuhi |
|
< 70,99 |
Satu indikator terpenuhi |
Semoga bermanfaat bagi para pembaca
0 komentar:
Posting Komentar