Rabu, 17 November 2021

Tugas 02-IST1. Refleksi nilai-nilai karakter dalam Implementasi Kepemimpinan

Tugas 02-IST1

 

Tugas 02-IST1. Refleksi nilai-nilai karakter dalam Implementasi Kepemimpinan Sekolah

 NAMA CKS        : BASRI ,S.Pd

Asal Instansi          : Musi Rawas

 

 

Lakukanlah refleksi secara mandiri dengan menjawab  beberapa pertanyaan sebagai berikut!

1.    Hal-hal apakah yang telah Saudara pelajari dalam mata diklat pembentukan karakter?

 

2.    Apakah kelebihan yang Saudara  peroleh  berkaitan dengan nilai karakter setelah pembelajaran mata diklat pembentukan karakter?

 

3.    Apakah kelemahan yang masih perlu ditingkatkan?

4.    Strategi apakah yang akan Saudara lakukan untuk meningkatkan karakter yang masih SaudaraUN rasakan sebagai kelemahan?

5.    Isilah tabel berikut untuk menguatkan pemahaman Saudara!

 

Tabel Tugas 02-IST1. Refleksi  Nilai Karakter dalam Implementasi Kepemimpinan Sekolah 

 

No

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah

Konsep Nilai Karakter

Nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan

Strategi penerapan dalam tindakan*)

a

b

c

d

e

1.

Supervisi Guru dan Tendik

 

Self Regulated Learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Coaching

dan

mentoring

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Community

of practice

 

 

 

 

 

 

 

 

Self Maturity

Contoh:

disiplin, jujur, kreatif, demokratis, adil,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

disiplin, jujur,

bertanggung

jawab,demokratis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kreatif,bertanggung

jawab,demokratis

 

 

 

 

 

 

 

Religius,kreatif,bertanggu

ng jawab,demokratis,

kerja

keras,komitmen,mandiri

Contoh:

Disiplin:

Menjadi teladan bagi guru/tendik dan siswa di sekolah

 

Jujur:

Berkata sesuai dengan keadaan yang sebenarnya sehingga pada saat melaksanakan pembinaan tidak berprasangka buruk terhadap siapapun

 

Kreatif:

Pada saat melaksanakan pembinaan berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hal baru dari sesuatu yang dimiliki

 

Demokratis:

selalu berupaya menstimulasi warga sekolah untuk bekerja dan belajar secara koperatif dalam rangka mencapai tujuan bersama

 

Disiplin

Menjadi teladan bagi guru/tendik dan siswa di sekolah Jujur Berkata sesuai dengan keadaan yang sebenarnya

 

 

 

 

Bertanggung jawab

Kepala sekolah yang profesional memiliki

tanggung jawab yang besar terhadap maju

mundurnya pengelolaan sekolah yang dibinanya.

 

Demokratis:

Demokratis:selalu berupaya menstimulasi warga sekolah untuk bekerja dan belajar secara koperatif dalam rangka mencapai tujuan bersama

 

Kratif

Kepala sekolah harus memiliki daya kreatifitas yang tinggi dalam menyelesaikan masalahmasalah

pendidikan dan kualitas pendidikan.

 

Demokratis:

 

selalu berupaya menstimulasi warga

sekolah untuk bekerja dan belajar secara

koperatif dalam rangka  mencapai tujuan yang diharapkan.

 

Bertanggung jawab

Kepala sekolah yang profesional memiliki

tanggung jawab yang besar terhadap maju

mundurnya pengelolaan sekolah yang dibinanya

 

Religius

Kepala sekolah yang profesional memiliki

pengetahuan,pemahaman,penghayatan,

penyadaran dan pengamalan beragama

yang benar terhadap agama yang dianutnya sehingga akan menjadi

contoh bagi guru, tendik, dan peserta didik.

 

Beranggung jawab

Prilaku kepala sekolah yang bertanggung jawab akan selalu Tidak mudah menyerah dan terus mengupayakan keberhasilan, melakukan yang terbaik setiap saat

Loyal dalam mentaati perintah sesuai dengan tugas dan kewajiban. Kerja keras

Kepala sekolah dengan kerja keras akan

menjadikan kepala sekolah yang sukses.

 

 

2

Manajerial Sekolah

Self

Regulated

Learning

Demokratis, jujur, kerja

keras, Rasa ingin tahu

dan tanggung jawab

Demokratis

Kepala sekolah selalu menerima dan mengharapkan pendapat dan saran dari guru,

tendik dan warga sekolah yang dipimpinnya.

 

Jujur

Kepala sekolah selalu dapat dipercaya dalam perkataan tindakan dan pekerjaan, jujur dalam ucapannya benar dalam

tindakkanya, tuntas dan berkuwalitas dalam pekerjaanya.

 

Kerja keras

Kepala sekolah harus selalu menujukkan

upaya sunggu2 dalam mengatasiberbagai

hambatan, diimbangi dengan karakter lainnya seperti, disiplin, tanggung jawab, dan religius iya akan melaksanakan tugas dengan baik.

 

Rasa ingin tahu

Kepala sekolah yang

professional dengan rasa ingin tahunya yang tinggi makai a akan selalu    mningkatkan kompetensinya untuk belajar dan belajar, menggali inpormasi dari

baegai sumber dalam rangka memenuhi rasa kaingin tahuannya.

 

Tanggung jawab

Tidak merasa tenang jika pekerjaannya dikerjakan oleh orang lain, memikirkan dengan cerdas dan cermat resiko dan akibat dari ucapan dan perbuatannya

Menyelesaikan pekerjaan dengan sungguh-sungguh

 

Kewirausaha

an

Self

Regulated

Learning

Inovasi, Tanggung

Jawab dan Komitmen

Inovasi

Selalu menciptakan ide atau gagasan atau

produk yang bercirikan hal baru. Usaha mengkreasikan dan  engimplementasikan

sesuatu menjadi satu kombinasi  ehingga,

dengan inovasi seseorang dapat menambahkan nilai dari produk, pelayanan,proses kerja,dan kebijakan

pendidikan tidak hanyabagi lembaga

pendidikan tapi juga Stakeholder dan

masyaraka

 

Tanggung Jawab

usaha sadar untuk melakukan perubahan

sikap dan perilaku kearah kedewasaan, dengan salah satu indikatornya adalah

kemampuan memikul tanggung jawab dan amanah. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja, serta memiliki

makna perwujudan kesadaran akan

kewajibannya. Kemampuan bertanggungjawab yang dibangun melalui proses pendidikan meliputi tanggung jawab vertical (kepada Tuhan), tanggung

jawab horizontal (kepada diluar dirinya,) dan tanggung jawab personal.

 

Komitmen

sesuatu yang berhubungan dengan

perjanjian, tanggung jawab, dan dedikasi

terhadap suatu hal. Tapi sebenarnya, apa arti komitmen. Dari penjelasan tersebut

dapat kita pahami bahwa dalam komitmen terdapat kesatuan yang

tidak terpisahkan antara rencana, janji, tindakanatau pelaksanaan, serta tanggung jawab.

 

 

*) baca bahan bacaan Pembentukan  karakter kepala sekolah

 

 

Petunjuk pengisian Tugas 02-IST 1:

1.      Kolom “a” diisi dengan nomor urut

2.      Kolom “b” diisi dengan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah (sudah terisi)

3.      Kolom “c” diisi dengan konsep nilai karakter

4.      Kolom “d” diisi dengan nilai-nilai karakter yang perlu dikembangkan (jenis nilai karakter mengacu kepada bahan bacaan “Pembentukan Nilai Karakter Kepala Sekolah” di bagian refleksi

5.      Kolom “e” diisi dengan strategi penerapan dalam tindakan dari setiap nilai-nilai yang akan dikembangkan

 

Rubrik Penilaian:

Nilai

Indikator

91 - 100

Seluruh indikator terpenuhi

1.     Menuliskan tiga tugas pokok kepala sekolah

2.      Menuliskan minimal 1 konsep karakter yang sesuai dengan tugas pokok KS

3.     Menuliskan minimal 2 nilai karakter yang akan dikembangkan 

4.     Menjelaskan strategi penerapan dalam tindakan dari setiap karakter yang disebutkan

81 – 90,99

tiga indikator terpenuhi

71 – 80,99

dua indikator terpenuhi

< 70,99

Satu indikator terpenuhi

 

 


Semoga bermanfaat bagi para pembaca

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tugas 02-IST1. Refleksi nilai-nilai karakter dalam Implementasi Kepemimpinan

0 komentar:

Posting Komentar