Tugas 04-OJT 1
Tugas 04-OJT 1 Merumuskan Gagasan Inovasi Pemecahan Masalah Pembelajaran
Peserta merumuskan gagasan inovasi pemecahan masalah pembelajaran berdasarkan masalah utama yang telah dihasilkan pada tugas 03-OJT 1.
Tabel 04-OJT 1. Merumuskan gagasan inovasi pemecahan masalah pembelajaran
No |
Masalah Utama Pembelajaran |
Gagasan Pemecahan Masalah Pembelajaran (Solusi)*) |
Solusi /Tindakan Terbaik |
a |
b |
c |
D |
·Guru kurang oftimal memanfaatkan media pembelajaran di kelas ·
|
· Melaksnakan pelatihan IHT di sekolah · Menadatang pelatih atau guru yang berkompeten dibidang penggunaan media pembelajaran
· Sosialisasi dengan orang dewan guru dan tenaga admiisitrasi mengenai program IHT yang akan dilaksanakan
· Sekolah memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi untuk memotivasi siswa yang lain dalam berprestasi |
· Meningkatkan kmpetensi guru dalam penggunaan media pembelajaran di kelas
|
Petunjuk pengisian instrumen identifikasi masalah pembelajaran:
1. Kolom “a” diisi dengan nomor urut;
2. Kolom “b” diisi dengan masalah utama pembelajaran dengan mengacu pada hasil isian pada instrumen identifikasi masalah pembelajaran (tugas 03 kolom f);
3. Kolom “c” diisi gagasan pemecahan masalah pembelajaran yang diisi lebih dari 2 (dua) untuk memecahkan masalah pada kolom “b” dengan mempertimbangkan data kekuatan sekolah pada Tugas 03 kolom d;
4. Kolom “d” diisi dengan memilih salah satu solusi/tindakan yang dianggap terbaik dalam rangka mengatasi masalah pembelajaran berdasarkan kolom “c”
TUGAS 05-IST 1
A. MerancangPembelajaranBerdiferensiasi
Nama :
Nip :
Unit Kerja :
Mari kitabayangkanilustrasikelasberikutini.
Ibu Nuradalah guru kelas 3 SD dengan jumlah murid sebanyak 32 murid. .Di antara 32 murid dikelasnya tersebut, Bu Nur memperhatikan bahwa 3 murid selalu selesai lebih dahulu saat diberikan tugas menyelesaikan Gambar 3 Pembelajaran di Kelassoal-soal perkalian.
Karena dia tidak ingin ketiga anak in itidak ada pekerjaan dan malah mengganggu murid lainnya, akhirnya ia berinisiatif untuk menyiapkan lembar kerja tambahan untuk 3 anak tersebut. Jad jika anak-anak lain mengerjakan 15 soal perkalian, maka untuk 3 anak tersebut, Bu Nur menyiapkan 25 soal perkalian. |
Berdasarkan ilustras ikelas tersebut, jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut ini:
1.
Jika tidak,,strategi yang memberikan soal lebih banyak kepada ke 3 siswa ini akan menimbulkan kecemburuan bagi siswa yang lain, dan ke 3 siswa juga merasa diperlakukan tidak adil karena diberi soal lebih. Biasanya siswa ingin cepat merasa bebas setelah selesai mengerjakan tugas/soal.
|
Jika tidak,,strategi yang memberikan soal lebih banyak kepada ke 3 siswa ini akan menimbulkan kecemburuan bagi siswa yang lain, dan ke 3 siswa juga merasa diperlakukan tidak adil karena diberi soal lebih. Biasanya siswa ingin cepat merasa bebas setelah selesai mengerjakan tugas/soal.
2.Jika Anda adalah Ibu Nur, apakah yang akan Anda lakukan? Jelaskanlah mengapa Anda melakukan hal tersebut.
Saya akan melakukan pemetaan terlebih dahulu kepada siswa di kelas yang meliputi 3 aspek :
1.Kesiapan Belajar (readiness) murid Pada tahap kesiapan belajar,saya akan mengelompokan siswa berdasarkan kesiapan siswa dengan kriteria tertentu. a. Kelompok Amurid yang memiliki keterampilan menghitung secara lisan b. Kelompok B murid yang memiliki keterampilan dengan alat tulis c. Kelompok C murid yang belum mampu menghitung dengan secara lisan dan dengan alat bantu/alat tulis.
Dengan Proses a. Kelompok A murid menyebutkan perkalian 1 sampai 10 b. Kelompok B murid menghitung secara tertulis perkalian 1 sampai 10 c. Kelompok C murid menghitung perkalian 1 sampai 10 dengan alat peraga seperti stik eskrim d. Dalam Kehidupan sehari-hari a. Kelompok A murid sering menghafal perkalian 1 sampai 10 b. Kelompok B murid sering mengerjakan soal-soal secara tertulis c. Kelompok C murid dilatih berhitung dengan alat peraga seperti stik eskrim
2. Minat Murid Dikelompokkan berdasarkan minat siswa sebagai berikut : a. Olah raga : menghitung langkah jalan kaki satu keliling lapangan sekolah b. Kesenian : berhitung dengan cara dinyanyikan c. Sains : menghitung gerak benda mobil mainan A ke mobil mainan B
3. Profil Murid Belajar Dikelompokkan berdasarkan profil murid belajar sebagai berikut : a. Kelompok Auditori : Murid yang belajar dengan mendengar (membaca dengan keras) b. Kelompok Kinestetik : Murid yang belajar sambil melakukan (bergerak atau dengan meregangkan tubuh) c. Kelompok Visual : Murid yang belajar dengan melihat (melalui diagram, presentasi, grafik peta dan lain sebagainya)
Saya akan melakukan pemetaan terlebih dahulu kepada siswa di kelas yang meliputi 3 aspek :
1.Kesiapan Belajar (readiness) murid Pada tahap kesiapan belajar,saya akan mengelompokan siswa berdasarkan kesiapan siswa dengan kriteria tertentu. a. Kelompok Amurid yang memiliki keterampilan menghitung secara lisan b. Kelompok B murid yang memiliki keterampilan dengan alat tulis c. Kelompok C murid yang belum mampu menghitung dengan secara lisan dan dengan alat bantu/alat tulis.
Dengan Proses a. Kelompok A murid menyebutkan perkalian 1 sampai 10 b. Kelompok B murid menghitung secara tertulis perkalian 1 sampai 10 c. Kelompok C murid menghitung perkalian 1 sampai 10 dengan alat peraga seperti stik eskrim d. Dalam Kehidupan sehari-hari a. Kelompok A murid sering menghafal perkalian 1 sampai 10 b. Kelompok B murid sering mengerjakan soal-soal secara tertulis c. Kelompok C murid dilatih berhitung dengan alat peraga seperti stik eskrim
2. Minat Murid Dikelompokkan berdasarkan minat siswa sebagai berikut : a. Olah raga : menghitung langkah jalan kaki satu keliling lapangan sekolah b. Kesenian : berhitung dengan cara dinyanyikan c. Sains : menghitung gerak benda mobil mainan A ke mobil mainan B
3. Profil Murid Belajar Dikelompokkan berdasarkan profil murid belajar sebagai berikut : a. Kelompok Auditori : Murid yang belajar dengan mendengar (membaca dengan keras) b. Kelompok Kinestetik : Murid yang belajar sambil melakukan (bergerak atau dengan meregangkan tubuh) c. Kelompok Visual : Murid yang belajar dengan melihat (melalui diagram, presentasi, grafik peta dan lain sebagainya) |
Buatlahpemetaankebutuhanmuriduntuksalahsatumateri yang saatiniAndaajarkan di kelas, denganmenggunakansalahsatudari 3 pendekatan (minat, kesiapan, danprofilbelajar), seperti yang telahdijelaskandiatas.Andadapatmembuatnyadalambentuktabel (lihatcontoh di dalambacaan).
Mata pelajaran : Produk K dan Kewirausahaan
Tujuan Pembelajaran: Pembentukkan Kelompok wirausaha dimasing-masing unit produksi sesuai jurusan masing-masing
Kesiapan Belajar (Readiness) |
Kelompok siswa yang pandai berbicara |
Kelompok siswa yang pandai berhitung |
Kelompok siswa yang pandai menggambar (desain) |
Nama Murid |
Arda Ade Adi Aldo Aldi |
Bani Badi Budi Cindi Didi |
Asih Esa Fasha Galuh Gilang |
Proses |
Murid diminta melakukan simulasi menawarkan suatu produk di depan kelas |
Murid diminta melakukan perhitungan harga pokok, harga jual dan keuantungan (laba) |
Murid dilatih untuk membuat desain iklan dalam bentuk brusur, pamplet atau spanduk |
Kehidupan sehari-hari |
Murid menawarkan suatu produk langsung ke warga sekolah |
Dari sebuah permasalahan yang disajikan, murid diminta untuk menentukan berapa harga pokok, harga jual, untung dan rugi dari sebuah penjualan .Guru mengawasijalannyakegiatan |
Murid membuat sebuah desain iklan dan mencetaknya untuk ditawarkan kepada wargasekolah |
B. ROLEPLAY COACHING
SetelahSaudaramembuatprofilbelajarmurid, selanjutnyaSaudaradiharapkanmampumempraktikanmelakukancoachinguntukpilihantemakasus di bawahinidenganmemilihsalahsatusesuaidengankesepakatankelompok:
1. Kemampuan guru dalammemfasilitasipembelajaranmasihperluditingkatkankhususnyadalamhalmembuatpesertadidiksenangdanaktifpada proses pembelajaran
2. Terkaitdengan guru yang memilikimotivasikerjarendah, kurangsemangat, kematangandirinya (self maturity) perluditingkatkan, seringizintidakmasukkerjatanpaalasan yang jelas, danmemilikimasalah personal yang belumdiketahuisecarapasti
3. Masalah guru didugaterpaparpahamterorisme, anti nasionalisataupaham lain yang mengarahkepadaalirankeras yang tidaksesuaidengannilai-nilaiPancasila
Berdasarkanpilihantema di atas, lakukanroleplay (bermainperan) praktikmelakukancoachingbersamatemandarikelompok/sukudenganpengaturanperansebagaiberikut:
a. Kepalasekolah 1 orang
b. Guru 1 orang
Tugas:
1. Lakukanroleplaysesuaidenganskenario di atas
2. Tunjuktemandalamsatukelompok/sukuuntukmemerankansesuaidenganperan yang telahdituliskan!
3. Buatlahpraktikcoaching sesuaidengan format dibawahinisebagaibuktipelaksanaanpraktikbermainperan(roleplay)!
4. Peserta yang tidakbermainperanmengamati proses coaching yang dilaksanakandanmemberikanumpanbalikterhadapadeganbermain!
TabelTugas 01. IST1. InstrumenPelaksanaanPraktik Coaching Model TIRTA
Temakasusuntuk coaching*) :Terkaitdengan guru yang memilikimotivasikerjarendah, kurangsemangat, kematangandirinya (self maturity) perluditingkatkan, seringizintidakmasukkerjatanpaalasan yang jelas, danmemilikimasalah personal yang belumdiketahuisecarapasti
*)isisesuaidenganskenario
Petunjukpengisiantabeltugas 05-IST1:
1. Kolom “a” diisinomorurut
2. Kolom “b” telahdiisi
3. Kolom “c” diisipertanyaan yang diajukan coach/mentor dalamroleplay (sudahterisi)
4. Kolom “d” diisirekamancatatanberupatranskripdalampraktikcoaching
5. Kolom “e” diisiketeranganjikaada yang perluditekankanatauditindaklanjutidarihasilpraktekcoaching
0 komentar:
Posting Komentar