Tugas 08-IST 1.
a. Tugas 08-IST 1. Menyusun Gagasan Inovasi Peningkatan Kualitas
Pembelajaran
Nama : Basri , S.Pd
Asal Instansi : SDN 3 Srikaton Kec Tugumulyo
Permasalahan yang terjadi di sekolah masing-masing peserta CKS
Peserta menuliskan kembali masalah utama yang ditemukan pada kegiatan OJT 1 (Tugas 03-OJT 1). Kerjakan Tugas 08-IST 1 dengan mengikuti format pada tabel di bawah ini:
Tugas 08-IST 1. Menyusun Gagasan Inovasi Peningkatan Kualitas Pembelajaran
NO |
Masalah Utama |
Solusi Terbaik (Gagasan Inovasi) |
Program/Kegiatan |
Langkah-langkah kegiatan |
Students wellbeing yang ingin dicapai |
|
a |
b |
c |
d |
E |
f |
|
1
|
Guru kurang oftimal memanfaatkan media pembelajaran sehingga peserta didik belajarnya kurang menarik dan menyenangkan |
Menampilkan berbagai media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan |
1.Guru diberi tugas mengjar dengan menggunakan berbgai media pembelajaran |
Siklus 1 1,Perencanaan : -Guru mengamati peserta didik SDN 3 Srikaton dalam menerima materi pembelajaran dengan berbgai media oleh gurunya - Observasi -Identifikasi
2.Pelaksanaan : September 2021 Evaluasi : Mengidentifikasi pemanfaatan media pembelajaran yang kurang
3.Refleksi : Memberikan angket kepada peserta didik tentang pembelajaran yang diajarkan oleh guru kelas 3 Indak lanjut : Apabila hasil refleksi menunjukkan tidak seperti yang diharapkan maka dilanjutkan perbaikan pada siklus 2
Tindak lanjut : Peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada SDN 3 Srikaton meningkat .
SIKLUS 2 ,1Perencanaan : -Guru mengamati peserta didik SDN 3 Srikaton dalam menerima materi pelajaran dari guru dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan - Observasi -Identifikasi
2.Pelaksanaan : Oktober 2021 Evaluasi : Mengidentifikasi jumlah siswa yang kurang tertarik dalam menerima pembelajaran
3.Refleksi Memperbaiki kekurangan guru dalam pemanfaatan media pembelajran pada siklus 1 |
Tercapainya pembelajaran yang menarik dan menynangkan bagi peserta didik pada SDN 3 Srikaton |
Petunjuk pengisian Tugas 08-IST1:
1. Kolom “a” diisi dengan nomor urut
2. Kolom “b” diisi dengan masalah utama yang terdapat dalam tugas 04-OJT 1 kolom b
3. Kolom “c” diisi dengan solusi terbaik/gagasan inovasi untuk menyelesaikan masalah utama yang terdapat dalam tugas 04-OJT 1 kolom c
4. Kolom “d” diisi dengan program/kegiatan sebagai upaya mewujudkan gagasan/inovasi peningkatan kualitas pembelajaran
5. Kolom “e” disi langkah-langkah yang dilakukan untuk melaksanakan gagasan inovasi tersebut mulai dari persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, refleksi, serta tindak lanjut
6. Kolom “f” diisi students wellbeing yang akan dicapai oleh peserta didik sebagai dampak dari pelaksanaan program/kegiatan
Rubrik Penilaian
Nilai |
Indikator |
|
91 - 100 |
Mengisi 5 indikator |
1. Menuliskan masalah utama 2. Menuliskan solusi terbaik dalam memecahkan masalah pembelajaran 3. Menuliskan program/kegiatan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran 4. Menulis langkah-langkah kegiatan pelaksanaan gagasan inovasi 5. Menuliskan students wellbeing yang akan dicapai |
81 – 90,99 |
Mengisi 4 indikator |
|
71 – 80,99 |
Mengisi 2-3 indikator |
|
< 70,99 |
Mengisi 1 indikator |
0 komentar:
Posting Komentar