Minggu, 18 Juni 2017

Dalil Tentang Perintah Sholat 5 waktu Berdasarkan Al-qur'an dan Hadits yang Shahih


Salam pembuka
Ucapan Salam Ummat Islam

Dalil tentang perintah Sholat
Gambar Orang lagi Sholat
Firman Allah dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist, tentang perintah mengerjakan sholat
1. Perintah Shalat Dalam Al-Quran
Ibadah Sholat merupakan rukun Islam yang kedua dari lima rukun Islam. Sholat hukumnya wajib bagi Ummat Islam yang sudah baligh. Wajib artinga apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan berdosa.Seseorang yang melaksanakan ibadah sholat berarti dia menegakan rukun islam. dalam hadits dikatakan bahwa sholat merupakan tiangnya agama dan ibadah yang lebih dahulu diperhitungkan setelah manusia mati adalah ibadah sholat.
Dalam Al Quran banyak sekali ayat-ayat yang menerangkan tentang perintah sholat. salah satu ayat dari banyaknya ayat yang menjelaskan tentang perintah sholat terdapat dalam Qs Al Baqoroh 02 : 34 dan 110.

 وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ
Artinya :
"Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah bersama orang-orang yang ruku'
Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan ummat islam untuk mendirikan sholat dan membayar  zakat. 
Banyak lagi ayat Al Quran tentang perintah sholat selalu digandengkan dengan perintah zakat. poin ketiga dari ayat tersebut adalah perintah ruku' bersama orang-orang yang ruku'. banyak penafsiran ahli tafsir dalam menerangkan ayat tentang "rukuklah bersama orang-orang yang rukuk' salah-satunya adalah penafsiran yang menjelaskan perintah sholat berjamaah.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ
Artinya :
"Dan dirikanlah sholat dan tunaikan zakat. dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. sesungguhnya Allah maha melihat apa-apa yang kamu kerjakan"
Dari ayat kedua dari Qs Al Baqoroh 02 : 110 ini masih menggandengkan perintah sholat dengan perintah zakat, namun dalam ayat ini poin selanjutnya adalah penerangan tuhan bahwa kebaikan yang di usahakan oleh manusia, pahalanya hanya ada disisi allah dan Allah maha melihat apa yang hamba-hambanya kerjakan.
Selain dari Qs Al Baqoroh 02 : 43 dan 110, terdapat juga dalam Qs An Nuur 24 : 56.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
Artinya :
"Dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat, dan ta'atlah kepada rosul, supaya kamu diberi rahmat"
Dalam ayat ketiga yang memerintahkan sholat juga terdapat perintah zakat. namun poin ketiga dalam ayat ini adalah mentaati Rosul Alloh.
dari ayat-ayat diatas jelas bahwa Sholat merupakan perintah tuhan kepada hambanya. ayat-ayat tentang sholat banyak sekali terdapat didalam Al Quran. ketiga ayat diatas merupakan salah-satu dari banyaknya ayat-ayat yang membahas tentang sholat di dalam Al Quran.Ada banyak sekali perintah untuk menegakkan shalat di dalam Al-Quran. Paling tidak tercatat ada 12 perintah dalam Al-Quran lafaz “Aqiimush-shalata”yang bermakna “Dirikanlah Shalat”dengan fi`il Amr (kata perintah) dengan perintah kepada orang banyak (khithabul Jam`i). Yaitu pada surat:
* Al-Baqarah ayat 43, 83 dan110
* Surat An-Nisa ayat 103
* Surat Al-An`am ayat 72
* Surat Yunus ayat 87
* Surat Al-Hajj: 78
* Surat An-Nuur ayat 56
* Surat Luqman ayat 31
* Surat Al-Mujadalah ayat 13
* Surat Al-Muzzammil ayat 20 :
* Surah Thaahaa ayat 132 : “Perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan sholat ; dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya”
Ada 5 perintah shalat dengan lafaz “Aqimish-shalata” yang bermakna “dirikanlah shalat” dengan khithab hanya kepada satu orang. Yaitu pada Surah :
* Surat Huud ayat 114
* Surat Al-Isra` ayat 78
* Surat Thaha ayat 14
* Surat Al-Ankabut ayat 45
* Surat Luqman ayat 17.
2. Perintah sholat dalam Al-Hadist
Hadits ‘Ubadah ibnush Shamit radhiyallahu ‘anhu dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Shalat lima waktu Allah wajibkan atas hamba- hamba-Nya. Siapa yang mengerjakannya tanpa menyia-nyiakan di antara kelima shalat tersebut karena meremehkan keberadaannya maka ia mendapatkan janji dari sisi Allah untuk Allah masukkan ke surga. Namun siapa yang tidak mengerjakannya maka tidak ada baginya janji dari sisi Allah, jika Allah menghendaki Allah akan mengadzabnya, dan jika Allah menghendaki maka Allah akan mengampuninya.” (HR. Abu Dawud no. 1420 dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Abi Dawud)
Hadits Buraidah ibnul Hushaib radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Perjanjian antara kita dan mereka adalah shalat, maka barangsiapa yang meninggalkan shalat berarti ia kafir.” (HR. Ahmad 5/346, At-Tirmidzi no. 2621, Ibnu Majah no. 1079 dan selainnya. Dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih At-Tirmidzi, Al-Misykat no. 574 dan juga dalam Shahih At-Targhib wat Tarhib hal. 299) [Lihat Tharhut Tatsrib, 1/323]
“Dari ‘Amr Bin Syu’aib dari bapaknya dari kakeknya dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang maknanya),
 “Perintahkanlah anak-anak kalian untuk shalat ketika mereka berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka jika mereka tidak mengerjakan shalat pada usia sepuluh tahun, dan (pada usia tersebut) pisahkanlah tempat tidur mereka.” (Hadits shahih; Shahih Ibnu Majah (5868), Sunan Abu Daud (2/162/419) lafazh hadits ini adalah riwayat Abu Daud, Ahmad (2/237/84), Hakim (1/197))
Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“(Pembatas) antara seorang muslim dan kesyirikan serta kekafiran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim no. 257).

Demikianlah uraian tentang sholat berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits - hadits yang shahih yang dapat Anda pelajari semoga akan menambaha wawasan Anda tentang Sholat dan semoga menambah keimanan kita ,Amin..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dalil Tentang Perintah Sholat 5 waktu Berdasarkan Al-qur'an dan Hadits yang Shahih

2 komentar:

  1. S1288poker Agen Poker Terpercaya No 1 di Indonesia.
    Ayo rasakan bermain Poker Online Uang Asli, dengan kualitas server terbaik di Indonesia, serta tampilan terbaru.
    S1288poker, Agen Poker yang akan memberikan jaminan keamanan dalam bermain Poker Online tanpa robot.
    Kami akan dengan senantiasa selalu memberikan pelayanan terbaik selama 24 jam setiap harinya. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus