Rabu, 07 Juni 2017

Sejarah Renang Gaya Kupu-Kupu dan Perkembangannya hingga tahun1950-an

Salam Olahraga !
Renang Gaya Kupu-kupu
Gambar Renang Gaya Kupu-kupu
Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai sejarah renang khususnya renang gaya kupu-kupu silakan baca uraian pada artikel ini.

Renang Gaya Kupu-Kupu.
Gaya kupu-kupu seperti lumba-lumba berenang
Gambar lumba-lumba dan Perenang gaya kupu-kupu

Renang gaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba merupakan gaya renang paling baru. Gaya renang ini dilakukan dengan cara dada menyentuh permukaan air. Kedua tangan menekan kebawah, lalu kebelakang sampai akhirnya tangan keluar dari air, lalu tangan ke depan lagi dan begitu seterusnya. Gerakan kaki menendang ke atas dan kebawah seperti gerakan sirip lumba-lumba ketika berenang. Udara dihembuskan kuat-kuat dari hidung dan mulut sesaat sebelum kepala keluar dari air. Ketika kepala berada diluar air, udara akan dihirup memlalui mulut.
Gaya kupu-kupu merupakan gaya renang paling baru yang diciptakan pada tahun 1933. Dibutuhkan waktu lama untuk menguasai gaya renang jenis ini, karena membutuhkan koordinasi kaki tangan dan power yang baik.
Renang gaya kupu-kupu membutuhkan kekuatan yang cukup besar. Kecepatan laju gaya kupu-kupu didapatkan dari ayunan kedua tangan secara bersamaan. Gaya kupu-kupu yang dapat mengalahkan gaya bebas dalam soal kecepatan. Perenang gaya ini tidak dapat menutupi teknik yang buruk dengan mengeluarkan tenaga besar.


Catatan tertua mengenai olahraga renang yang ditemukan berasal dari 2000 SM.
Lukisan orang berenang
Gamabar Lukisan Orang Berenang
Dokumen tertua yang berisi tentang berenang diantaranya adalah Epos Gilgamesh, Iliad, Odyssey, Alkitab dan Al-Qur’an. Seorang profesor bahasa yang berasal dari Jerman bernama Nikolaus Wynmann membuat sebuah buku tentang berenang pada tahun 1538. Buku berjudul “Perenang atau Dialog mengenai Seni Berenang (Der Schwimmer oder ein Zwiegesprach uber die Schwimmkunst).
Perlombaan renang di Eropa dimulai pada sekitar tahun 1800an setelah dibangunnya kolam renang. Pada waktu itu sebagian besar pererta berenang dengan menggunakan gaya dada.

Pada tahun 1873,
seorang pria bernama John Arthur Trudgen memperkenalkan sebuah gaya berenang rangkak depan (gaya trudgen) yang sekarang kita kenal sebagai gaya bebas. Trudgen meniru gaya renang ini dari suku Indian di Amerika Selatan.

Pada Olympic game tahun 1900,
Renang menjadi salah satu cabang olahraga pada Olimpiade Athena tahun 1896. Mulai tahun inilah bermunculan banyak Atlet Renang guna mengikuti perlombaan Olimpiade Athena. Tahun 1900 gaya punggung dijadikan sebagai nomor baru pada renang Olimpiade. Pada tahun 1908 dibentuklah persatuan renang dunia atau Federation Internationale de Natation (FINA).
Lambang Organisasi Renang Internasional
Gambar Lambang Persatuan Renang Dunia

Pada akhir tahun 1933,
perenang Amerika Serikat bernama Henry Myers berenang gaya kupu-kupu di perlombaan renang Brooklyn Central YMCA.[1] Pelatih renang David Armbruster dari Universitas Iowa meneliti masalah hambatan air sewaktu berenang gaya dada. Pada tahun 1934, Armbruster diduga telah memperbaiki metode mengayunkan lengan ke depan sewaktu berenang gaya dada. Armbruster menyebut gaya "baru" tersebut sebagai gaya "kupu-kupu". Walaupun gaya kupu-kupu sulit dipelajari, perenang gaya kupu-kupu bisa berenang lebih cepat. Pada tahun berikutnya (1935), perenang Jack Sieg dari Universitas Iowa mengembangkan teknik menendang seperti sirip ekor ikan, Sieg berenang dengan tubuh dimiringkan ke salah satu sisi. Ia menyebut tendangannya sebagai "tendangan sirip ekor lumba-lumba". 
  Olimpiade 1938

Armbruster dan Sieg lalu bersama-sama mengembangkan kedua teknik ini menjadi gaya renang yang sangat cepat. Satu ayunan lengan kupu-kupu dipadu dengan dua tendangan lumba-lumba. Richard Rhodes mengklaim bahwa Volney Wilson adalah orang yang menciptakan "tendangan lumba-lumba" setelah mempelajari gerakan ikan. Volney Wilson mencoba gerakan barunya di penyaringan wakil Amerika Serikat untuk Olimpiade 1938. Hasilnya, Wilson terkena diskualifikasi. Manusia sudah bisa berenang sejak zaman dahulu. Tidak diketahui dengan pasti siapa manusia pertama yang bisa berenang. Bukti tertua tentang olahraga renang sudah ditemukan di “gua perenang” yang terletak di Wadi Sora, Gilf Kebir, Mesir barat daya.
Gaya kupu-kupu yang kita kenal sekarang ini awalnya merupakan pengembangan dari gaya dada, namun pada tahun 1952 gaya kupu-kupu sudah diterima sebagai gaya tersendiri.
Nah inilah sejarah perkembangan renang khususnya renang gaya kupu-kupu yang kita kenal hingga saat ini.semoga uraian artikel ini dapat membantu Anda dalam mempelajari sejarah dan perkembangan renang khususnya gaya kupu-kupu.
semoga bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah Renang Gaya Kupu-Kupu dan Perkembangannya hingga tahun1950-an

0 komentar:

Posting Komentar