Minggu, 03 Mei 2020

Bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru( Cardiorespiratory )

Sebelum membahas masalah bentuk-bentuk kegiatan latihan untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru ada baiknya kita bahas dahulu Apa yang dimaksud dengan daya tahan jantung dan paru-paru



Pengertian Daya tahan Jantung dan paru paru :
 daya tahan jantung dan paru-paru adalah kemampuan jantung dan paru-paru seseorang untuk melakukan aktivitas jasmani dalam waktu yang relatif lama

Adapun bentuk-bentuk kegiatan untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru sebagai berikut:

1. Lari jarak jauh ( Long run )

Yang dimaksud dari jarak jauh di sini relatif berbeda yang bukan berarti harus lari puluhan kilometer tetapi bisa dilakukan lari minimal selama 6 menit.

2. Lari lintas alam

Lari lintas alam merupakan kegiatan latihan jarak jauh yang dilakukan pada jarak yang relatif jauh waktu yang relatif lama dan dilakukan di alam terbuka seperti kawasan perkebunan atau kondisi alam yang dikelilingi pemandangan yang indah

3. Latihan interval

Latihan interval adalah kegiatan latihan yang dilakukan dengan menggunakan selang waktu istirahat dan dilakukan secara berulang-ulang.
Bentuk latihannya berupa lari interval

contoh
Pelaksanaan latihan interval dalam bentuk lari interval jarak tempuh lari sejauh 200 m dengan kecepatan lari 60 detik latihan ini dilakukan 5 kali pengulangan selang waktu istirahat selama 3 menit.

6. Latihan bersinambung

Latihan bersinambung adalah bentuk latihan yang dilakukan secara terus-menerus selama waktu yang relatif lama misalnya dalam waktu selama 5 sampai 10 menit .
Bentuk latihan tersebut seperti lari sedang selama 5 sampai 10 menit Selain itu dapat juga dilakukan melalui permainan yang menyenangkan .

6. Latihan sirkuit

Latihan sirkuit adalah bentuk latihan yang dilakukan dalam satu putaran yang didalamnya terdiri atas beberapa Pos. Setiap host gerakannya berbeda-beda sesuai dengan latihan yang harus dilakukan pada pos yang bersangkutan latihan ini diiringi oleh alunan musik untuk lebih bersemangat.

Demikianlah penjelasan tentang bentuk-bentuk latihan daya tahan jantung dan paru-paru semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 komentar:

Posting Komentar