Selasa, 05 Mei 2020

20 Kelompok Permainan pengantar (ice Breaker )

 A. Permainan Pengantar ( ice breaker )

Sebelum saya menjelaskan beberapa cara c melakukan permainan pengantar terlebih dahulu kita pelajari  tentang permainan kecil ini dibagi menjadi dua bagian utama yaitu : 

a.  kelompok permainan pengantar ( lice 
     breaker )

    Kelompok permainan ini bertujuan mengantarkan atau mempersiapkan kelompok menuju acara yang sebenarnya dengan permainan ini diharapkan akan tercipta suasana yang lebih kondusif Sehingga peserta menjadi lebih santai kompak saling mengenal dan siap memasuki acara pokok

b.  kelompok permainan pokok.

Kelompok permainan ice breaker berfungsi mengantarkan para peserta ke dalam program pelatihan agar mereka tidak merasa kaku, kaget atau enggan .Melalui berbagai permainan ini, beragam suasana yang kurang menguntungkan bisa dicairkan ,sehingga semua peserta atau kelompok lebih siap untuk memulai program dengan baik .

Sedangkan kelompok permainan pokok berisi bermacam-macam permainan yang dimaksudkan untuk menyampaikan pesan tertentu secara spesifik

Adapun contoh permainan pengantar / ice breakert  sperti yg akan saya jelaskan sbb;

1. Permainan Siapa dia

Permainan ini dapat mengakrabkan hubungan di antara peserta. 

     Cara bermainnya:


1. Ajaklah seorang peserta untuk memperkenalkan diinya berupa nama dan profesinya dalam sebuah kalimat dan tidak lebih dari tujuh kata. Contoh: nama saya habib, murid SDN 3 Srikaton

2. Lalu minta peserta kedua untuk menyebutkan apa yang dikatakan oleh peserta pertama, dilanjut dengan perkenalan tentang dirinya. Contoh: teman saya Tasya, murid SDN 3 Srikaton ,Saya M
, ketua kelas 9. Demikian sampai setiap peserta mendapatkan gilirannya.
3. Jika salah satu di antara peserta tidak dapat mengingat nama rekan sebelumnya, maka ia harus bertanya langsung kepada yang bersangkutan: siapa namamu? Apa yang tadi kau katakna?

2. Permainan berhitung

a. Sasaran.

Terciptanya suasana santai dan gembira pada awal permainan sekaligus mengingatkan bahwa peserta harus tetap fokus terhadap instruksi para fasilitator. Permainan ini sangat baik untuk pembukaan acara

b. Materi

Permainan Ini Membutuhkan lapangan yang sedikit luas  megaphone papan klip Scars dan spidol besar

c. Waktu

      5  samai 10 menit

d. Prosedur

1) seluruh peserta diminta duduk santai dan membentuk lingkaran besar sambil memperhatikan apa yang akan di instruksikan oleh fasilisator

2) seluruh peserta diminta meneriakkan angka yang akan ditulis oleh fasilisator dengan keras dan kompak misalnya fasilisator menulis angka 1.000

3) peserta diminta menjumlahkan dalam hati dan meneriakkan hasil penjumlahan dari angka yang ditulis oleh fasilitator misalnya :
 fasilisator menulis angka 20 jadi peserta     harus meneriakkan angka 1020

4.) Berturut-turut fasilisator menuliskan angka-angka berikut ini 1000 - 30 ,1000 - 40 - 1000 - 10 dsbg


3. Permainan Teriakkan Merdeka


Cara melakukan permainan ini Sbb :

1) seluruh peserta diminta membentuk lingkaran besar sambil berpegangan tangan
2) setelah lingkaran terbentuk pertama melepaskan pegangan tangan dan siap menerima instruksi dari fasilitator

3) peserta diminta mulai berhitung dengan cepat dan mulai dari orang yang ditunjuk dengan mengikuti arah jarum jam

4) setelah satu putaran permainan boleh dihentikan .Fasilitator mengomentari bahwa permainan itu memang sangat mudah namun sekarang peraturannya
 diganti

5) peserta diinstruksikan untuk kembali berhitung secara cepat searah jarum jam di mulai dari orang yang ditunjuk namun sekarang setiap kelipatan angka 5 misalnya 5 10 15 20 25 dan seterusnya diganti dengan kata "Merdeka "
bila ada kata yang salah hitungan diulang lagi dari angka 1

6) biasanya selalu ada yang keliru jadikan peristiwa tersebut sebagai bahan gurauan kemudian seluruh peserta ditantang lagi tapi mereka harus lebih fokus

7) permainan ini bisa dilakukan beberapa putaran maksimum 3 kali .setelah permainan selesai fasilitator mengomentari bahwa dalam kelompok anggota harus menjalankan tugas dengan baik, agar tugas kelompok bisa berjalan dengan lancar Apabila ada yang tidak waspada maka kelompok akan menjadi korban

8) sebagai variasi boleh saja setiap individu yang melakukan kesalahan dihukum misalnya dengan Menari Menyanyi dan sebagainya . Fasilitator harus bisa mengembangkan kreativitas agar acara jadi lebih meriah dan pasar udah Tampak santai dan bersatu

3 .permainan lingkaran ikatan



Adapun cara melakukan permainan ini adalah sebagai berikut :

1)  seluruh peserta diminta membentuk lingkaran besar sambil berpegangan tangan secara bersilang .Tangan kiri kita memegang tangan kanan rekan sebelah kanan sebaliknya tangan kanan kita memegang tangan kiri rekan sebelah kiri dan seterusnya

2) setelah itu peserta dipersilahkan membentuk lingkaran normal tanpa bersilangan tapi sama sekali tidak boleh melepaskan pegangan

3) setelah berusaha beberapa saat biasanya kelompok tersebut bisa melakukan perintah dengan baik hanya saja posisi mereka dalam lingkaran jadi menghadap keluar

4) fasilitator bisa memberikan pujian dan apresiasi atas usaha kelompok tersebut Namun peserta perlu diingatkan bahwa problematika tak akan pernah habis dan akan selalu datang silih berganti

5) selanjutnya kelompok diminta memperbaiki posisi lingkaran .Sekarang mereka harus menghadapi ke dalam lingkaran .Peraturannya masih tetap sama yaitu tidak boleh melepaskan pegangan tangan

6) apabila kelompok tersebut cukup kreatif biasanya mereka bisa menemukan jalan keluarnya .Namun jika mereka menemui kesulitan .Permainan boleh dihentikan komentari usaha kelompok itu dengan bijaksana

7) kunci permainannya adalah setelah terbentuk lingkaran normal yang menghadap ke luar .kelompok itu dibentuk menjadi 2 baris yaitu Sisi kiri dan sisi kanan .Kemudian kedua Sisi bergeser mundur Salah satu sisi harus menerobos ke bawah kaki Sisi Lainnya yaitu kedua posisi kunci yaitu orang yang paling kiri atau paling kanan .Kemudian kedua Sisi bergeser mundur Salah satu sisi harus menerobos ke bawah kaki Sisi Lainnya setelah itu kode posisi kunci yaitu orang yang paling kiri dan paling kanan dari posisi berbaris tadi harus melakukan gerakan akrobatik sehingga bisa membantu kelompok membentuk lingkaran normal yang menghadap ke dalam

 4. Permainan Kumpul Kumpul...


Cara melakukan permainan ini yaitu sebagai berikut :
1) seluruh peserta membentuk lingkaran besar dan diminta menghadap kanan kemudian peserta diminta berjalan melingkar sambil menyanyi diiringi musik sambil menunggu perintah

2) setelah beberapa saat fasilitator meniup peluit dan berteriak kumpul 3 biarkan peserta berpencar membentuk kelompok-kelompok kecil berkelompok 3 orang

3) setelah selesai peserta kembali ke dalam lingkaran besar dan menghadap kanan mereka berjalan lagi sambil bernyanyi fasilitator kembali meniup peluit dan berteriak kumpul 5 .

4) lakukan permainan tinggi hingga beberapa putaran setelah itu komentari jalannya permainan dengan berbagai komentar yang relevan dan lucu misalnya :  kaciaaan...kamu diusir usir nggak diterima di sana sini ..makanya jangan pilih-pilih teman .
....kadang seseorang dibutuhkan tapi terkadang tidak dibutuhkan

5 permainan senam Pandu

Cara melakukan permainan ini adalah sebagai berikut:

1) seluruh peserta diminta membentuk lingkaran besar dan menghadap kanan kemudian mereka berjalan melingkar sambil menyanyi diiringi musik sambil menunggu perintah

2) setelah beberapa saat peluit ditiup dan peserta menghadap ke tengah lingkaran, tangan di pinggang ,kemudian mengikuti perintah senam

3) lagu yang diputar adalah lagu senam kepanduan misalnya
kepalaaa...pundak... lutut kaki ..lutut kaki

4) lakukan dan ulangi beberapa kali makin lama iramanya dibuat semakin cepat . Setelah 3 kali atau 4 putaran ,permainan dihentikan.biasanya para peserta sudah menjadi lebih segar dan siap melanjutkan permainan berikutnya

6. Permainan belajar bangun

 Untuk melakukan permainan ini adalah sebagai berikut :

1) seluruh peserta diminta memilih pasangan masing-masing kemudian dipersilahkan duduk berselonjor telapak kaki menempel dengan telapak kaki pasangannya dan saling berpegangan tangan Setelah itu mereka diminta bangkit dan berdiri bersama-sama secara serentak

2) setelah beberapa saat permainan dilanjutkan dengan peningkatan anggota kelompok secara berlipat dimulai dengan 2 orang, 4 orang ,8 orang 16 ,orang dan seterusnya

3) setelah mencoba beberapa saat permainan dihentikan .Peserta dipersilahkan duduk santai dalam sebuah lingkaran besar ,peserta ditanya kesan-kesan dan persoalan yang dihadapi mengapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana pula jalan keluarnya

4) setelah pembahasan dirasa cukup berbagai pendapat tersebut di rangkum dengan beberapa butir penjelasan sebagai berikut
1. Sesungguhnya permainan ini
    menggambarkan mensimulasikan proses
    lahirnya kerjasama kelompok
2 sejalan dengan bertambahnya besarnya        kelompok makin diperlukan adanya              seorang pemimpin
3.Tugas pokok pemimpin adalah
   menyatukan langkah memberi komando      dan menggalang koordinasi di antara
   anggota kelompok
4 .Anggota kelompoka hrs memperhatikan
aba-aba pemimpin dan berusaha menjalankan perintah dengan sebaik-baiknya agar bisa menjalankan tugas kelompok dengan sukses

 7 . Permainan panggil panggilan

Cara melakukan permainan ini adalah sebagai berikut:
1) seluruh peserta diminta membentuk kelompok kecil 5 sampai 10 orang Per kelompok kemudian mereka diminta mendeskripsikan nama binatang dan suaranya untuk panggilan kelompok

2 )Setelah itu mereka diminta menutup mata dengan sapu tangan besar peserta harus bermain dengan jujur dan hanya mengandalkan daya pendengaran untuk menyelesaikan permainan

3 ) Dengan bantuan fasilitator mereka di Pencar dan ditempatkan pada posisi masing-masing secara tersebar
4) Setelah semua siap peserta diminta untuk memulai permainan mereka harus bersuara dan mengumpulkan anggota kelompok masing-masing secepat mungkin tanpa mengintip atau membuka penutup matanya
5) Tugas fasilitator adalah mengawasi permainan agar tidak ada yang bermain curang dan terutama adalah menjaga keamanan peserta agar tidak Saling bertabrakan berikan ungkapan ungkapan memberi semangat agar jalannya permainan menjadi semakin meriah

6) setelah beberapa saat dan sebagian kelompok berhasil mengumpulkan anggota kelompok masing-masing, permainan boleh dihentikan

7) seluruh kelompok diminta duduk membentuk lingkaran besar adakan review bersama tentang Apa yang dirasakan hambatan dan cara mengatasinya rangkum berbagai pendapat yang dapat memperkaya pengetahuan peserta khususnya dalam pembahasan aspek mendengarkan / listening

8 .permainan membuat pola

Cara melakukan permainan ini adalah sebagai berikut 
1 seluruh peserta diminta membentuk kelompok kecil 5 sampai 10 orang Per kelompok mereka berdiskusi untuk memilih salah satu diantara mereka sebagai pemimpin kelompok

2) setelah itu mereka diminta menutup mata dengan saputangan besar kecuali pemimpin yang akan memerintahkan sesuatu
3) Masing-masing anggota kelompok dipersilakan memegang tali tambang

4.) Berapa Seli Tator memberi tugas kepada para pemimpin Untuk membuat satu bentukan polygonal misalnya kelompok a Membentuk segi empat kelompok B bujur sangkar dan kelompok segitiga sama sisi Dalam waktu secepat-cepatnya

 5)  fasilitator meniup peluit sebagai tanda permainan dimulai para pemimpin harus memberikan instruksi dan anggota kelompok berusaha menjalankan perintah dengan baik dan cepat

6) Tugas fasilitator adalah mengawasi permainan agar tidak ada yang memainkan curang dan terutama adalah menjaga keamanan peserta tidak Saling bertabrakan berikan komentar-komentar Pemberi Semangat agar jalannya permainan semakin meriah

7) kunci sukses permainan ini adalah memindai interaksi kelompok dengan baik bagi pemimpin mereka harus bisa memberi perintah secara singkat dan tegas Dengan memahami kesulitan anggota yang ditutup matanya sementara bagi para anggota mereka harus bisa mencerna perintah hanya dengan mengandalkan pendengaran

8)Bila diperlukan mereka bisa saling berinteraksi mendengarkan dan saling bertanya untuk memperjelas Proses komunikasi antar mereka

9. Permainan Percaya deh.. percaya ...!

Cara melakukan permainan ini adalah sebagai berikut
1) seluruh peserta diminta membentuk kelompok kecil 5 sampai 10 orang kemudian jelaskan bahwa masing-masing kelompok akan saling bersaing secara bergantian masing-masing kelompok diminta untuk memulai permainan

2 ) mekanisme nya 1 peserta bersiap-siap di atas bangku untuk menjatuhkan diri Ia Berdiri tegap membelakangi teman-temannya sambil melipat kedua tangan di bagian dada kemudian ia menjatuhkan diri ke belakang dengan posisi seperti sepotong batang kayu badan tidak boleh bengkok terlibat atau jatuh

3) sementara itu teman-temannya bersiap menangkap dengan Sigap dan aman caranya dengan baris berhadapan dan saling berpegangan tangan posisi tangan kiri kita memegang tangan ikan di kawan sementara tangan kanannya kawan kita membentuk lipatan dan memegang di atas siku tangan kiri kita dan pasangan kita pun membentuk peran yang sama
4) tugas anggota kelompok adalah menangkap teman yang akan menjatuhkan diri dengan aman dan baik secara bergiliran

5) penilaian kelompok didasarkan pada gabungan nilai angka kelompok yang dinilai adalah posisi mereka saat jatuh peserta yang bisa menjatuhkan diri seperti sepotong balok kayu diberi angka 10

 6 )agar adil penilaian hanya dilakukan oleh para fasilitator setelah selesai melakukan pembahasan bersama dengan pokok Penjelasan bahwa setiap orang yang hanya bisa menjatuhkan diri dengan sempurna Apabila mereka benar-benar percaya kepada teman-teman mereka

7) lakukan pembahasan dengan menekankan pentingnya unsur kepercayaan dalam satu kelompok kerja tanpa hal itu biasanya prestasi kelompok tidak akan pernah maksimal

10. Permainan melatih rasa mengolah
      peka

Cara melakukan permainan ini adalah sebagai berikut :

1) seluruh peserta diminta membentuk kelompok kecil 5 sampai 10 orang Per kelompok fasilitator menjelaskan bahwa kelompok akan dibawa bertamasya dengan mata tertutup melewati berbagai rintangan yang akan dipersiapkan

2) dengan kreativitas dan imajinasinya para fasilitator setiap kelompok dipersilahkan membawa kelompoknya melewati rute dan mengembangkan situasi dan sekenario yang berbeda-beda pula

3) learning point dari permainan ini adalah terciptanya fantasi dan imajinasi anggota kelompok dengan mata ditutup dan saling berpegangan pundak mereka Mengikuti berbagai perintah yang diberikan para fasilitator Selama perjalanan

4) peserta diminta untuk berjalan biasa berjalan jongkok merunduk melompat atau melangkahi orang meniti jembatan kayu dan lain-lain

5) Setelah permainan selesai para peserta dikumpulkan untuk saling berbagi cerita pengalaman peserta itu dirangkum untuk mendapatkan manfaat positif bagi pengembangan kelompok

11.  Permainan pagi siang malam



Fasilitator menjelaskan aturan permainan dengan menyebut pagi, siang, malam sambil bercerita

2. Syaratnya ketika dalam sebuah cerita itu ada kata pagi maka peserta wajib tepuk 1 kali. Jika terdapat kata siang, maka wajib tepuk tangan 3 kali, jika terdapat kata malam, maka peserta wajib tepuk 2 kali.

3. Fasilitator  diharuskan sekreatif mungkin dalam menciptakan sebuah cerita yang terdapat kata pagi, siang, dan malam.

4. Peserta yang tidak sesuai instruksi dapat diberi hukuman sesuai dengan kesepakatan.

12. Permainsn Tawa Perkenalan

1) Fasilitator meninstruksikan peserta
     untuk membuat sebuah lingkaran
atasu Peserta menyiapakan pena dan kertas
3. Trainer mengajak para peserta untuk
     menuliskan namanya sendiri di bagian
     pojok kanan atas kertas lalu lipat kertas
     sampai menutupi nama
4. Kertas diputar sampai masing0masing          tiap peserta tidak mendapat kertasnya s         endiri
5. Setelah tiap peserta memperoleh kertas baru, tulis kata kerja tapi jangan sampai menampakkana nama yg ditulis.

6. Putara lagi kertas dan tulis lagi sebuaha kata keterangan di sisi yang lain pada kertas

7. Guru lalu memerintahkan peserta untuk memutar kertas dengan cepat

8. Kemudia trainer memberi instruksi “stop” agar peserta berhenti memutar.

9. Bagi peserta yang tidak mendapatkan kertas atau malah mendapat kertas lebih dari satu, ia harus membacakan isi kertas di depan teman-temanya

10. Isinya akan menjadi kalimat lucu yang tidak terduga misal “habib makan di kolam renang”


13;Permainan mengikuti apa yg dilihat 
1) Gutu menyampaikan aturan main pada         perserta
2. Kata kuncinya adalah “lakukan apa yang      saya lakukan, jangan lakukan yang apa         saya katakan”
3. Cntohnya: tariner dapat meengucapkan     “pegang telinga”, maka trainer harus                memegang teli.                        nga masing-      umasing sesuai intruksi trainer.

4. Guru dapat mengecoh peserta dengan mengucap “pegang telinga” tapi trainer sendiri memegang tangan. Hal ini dapat mengecoh konsentrasi para peserta

5. Peserta yang salah boleh diberi hukuman
    sesuai dnegan kesepakatan.

14 : Permainan mengulang petunjuk..

1.  Guru menjelaskan aturan main
2. Guru menjelaskan jika jempol adalah            saya, telunjuk itu kamu, tengah itu dia,          manis itu kami, dan kelingking itu kalian.
3.Jika Guru mengangkat telunjuk,maka     pseserta harus menjawab kamu. gutu    v     mengangkat jempol dan kelinking, maka       peserta harus menjawab saya dan kalian.

4. Biasanya peserta akan lambat merespon pertanyaannya

15 .Permainan Tebak tebakan

1.Rumusnya adalah ini= kambing, yang ini=kucing, kalau yang ini=tikus
2.Guru memberi peserta pertanyaan dengan menunjuk jari-jarinya
3. Peeserta harus menjawab sesuai kunci permainan
4. Guru  boleh mengecoh peserta dengan menunjuk sembarang jari-jarinya
5. Umumnya peserta akan salah karena terlalu fokus pada apa yang dilihat bukan pada perintah apa yang didengar
6. Misalkan Guru bertanya ini maka jawabannya kambing

16.Permainan Jika .Maka..
Kelompok
Jika
Maka

1.Peserta dibagi menjadi dua kelompok
2. Peserta menyiapkan kertas dan pena
3. Satu kelompok dinamai jika dan bertugas menuliskan kalimat yang diawali kata jika, kelompok lain dinamai maka dan ditugaskan menulis kalimat yang diawali dengan kata maka.

4. Guru memerintahkan tiap kelompok untuk menuliskan kalimat yang diawali dnegan kata jika maka sebanyak 4 kali.

5. Setelah selesai, tiap kelompok mengutus satu peserta untuk membacakan kalimat yang telah dibuat

6. Tulisan dibaca bergiliran anatar tulisan jika maka

7. Setelah kelompok jika membacakan satu kalimatnya maka kelompok maka harus segera menyambung kalimatnya dengan apa yang sudah ditulis bersama

8. Maka biasanya akan terjadi kerancuan yang lucu seprti “jika ahmad sekolah, maka ahmad makan”.

17 .permainan menyebut objek

1.peserta membentuk lingkaran
2. Guru berada di dalam lingkaran yang            dibuat peserta
3.Guru meminta peserta untuk menyebutkan nama objek, misal nama hewan yang sesuai dengan huruf akhiran dari yang disebutkan trainer. Misal trainer menyebutkan anjing,maka peserta yang ditunjuk trainer harus menyebutkan nama hewan yang sesuai dengan huruf akhir anjing yaitu g berarti gajah.

4. Peserta yang menyebutkan kata setelah trainer lalu berhak menunjuk perserta lainnya untuk menjawab nama hewan yang sesuai dengan huruf akhir gajah. Samapi seterusnya

5. Peserta yang salah dianggap gugur dalam permainan.

18. Permainan melempar spidol

1. Guru memegang sebuah spidol
2. Apabila Guru melempar spidol ke atas, peserta diwajibkan untuk bertepuk tangan dan berdesis
3. Jika spidol mendarat kembali di tangan trainer, peserta harus berhenti bertepuk dan berdesis.

4. Guru dapat mempercepat lemparan spidol agar konsentrasi peserta terganggu.

5. Lempar spidol dari jarak yang jauh sampai jaurak terdekat.

6. Guru dapat berpura-pura melempar spidol untuk melihat siapa dari peserta yang bertepuk tangan dan berdesis

7. Jika di antara peserta terdapat yang bertepuk tangan dan berdesis padahal trainer tidak melempar spidol, maka peserta dapat dikenai hukuma sesuai dengan kesepakatan.

19. Permainan Tebak Gaya 

Permainan ini membangkitkan kretaifitas peserta.

1. Pesrta membentuk kelompok yang terdiri dari 4 atau lima orang.
2. Masing-masing keolmpok lalu berbaris lurus
3. Setiap peserta membelakangi trainer kecuali peserta terdepan
4. Peserta terdepan menghadap tariner dan mengambil sebuah gambar bisa berupa hewan yang kemudian harus diperagakan agar bisa ditebak oleh peserta lainnya dalam kelompok itu.
5. Setelah mengahafal gambar dan menentukan gerakan, peserta terdepan menepuk pundak peserta ke dua lalu memeragakan gerakan objek gambar
6. Lalu peserta ke dua lanjut menepuk pundak peserta ke tiga hingga seterusnya
7. Peserta terakhir bertugas menebak gambar yang sebenarnya
8. Pastikan jarak antar peserta lumayan jauh sampai tidak terdengar suara.

20. Permainan harimau Makan Harimau



Permainan ini melatih daya konsentrasi dan cepat tanggap tiap peserta lewat indra pendengarnya. Trainer diharuskan kreatif dalam mendongeng.

1. Guru memerintahkan peserta untuk               membentuk sebuah lingkaran.
2. Kedua telapak tangan peserta diangkat
setinggi bahu. Tangan kanan dibuka lebar, sedangkan tangan kiri diletakkan di atas tangan kanan teman sebelahnya.

3. Peserta harus secepat mungkin menghindar dari tangkapan tangn disebelahnya ketika trainer menyebutkan kata harimau saat sedang bercerita

4. Peserta yang jarinya tertangkap oleh peserta lain diharuskan mundur dari permainan.

Demikian penjelasan singkat tentang cara melakukan permainan pengantar ice breaker silakan untuk mencobanya sebelum memulai materi yang akan diajarkan

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 20 Kelompok Permainan pengantar (ice Breaker )

0 komentar:

Posting Komentar