Sabtu, 29 April 2017

Cara Melatih Berenang Gaya Bebas Yang Baik dan Benar


Dalam melatih berenang untuk siswa Tingkat SD sangat membutuhkan kesabaran serta ketekunan agar bisa mahir dalam berenang serta dibawah ini merupakan anjuran yang bisa Anda aplikasikan buat belajar berenang dengan gaya bebas. Teknik berenang dengan gaya bebas  dibagi jadi 3  cara  gerakan kaki, gerakan tangan serta gerakan gabungan tangan, kaki serta mengambil nafas.

Teknik berenang dengan gaya bebas

 Sebelum memulai latihan sebaiknya siswa diajak untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya siswa duduk di bibir kolam dengan kedua kaki menyentuh air kolam,lalu lakukan gerakan menendang-nendang air .Pastikan siswa dalm menendang air dengan posisi paha dan tungkai LURUS,dominan yang menendang adalah telapak hingga engkel kaki.
  • Kalau gerakan kaki sudah baik,selanjutnya siswa masuk ke kolam ,pastikan kolam tempat latihan airnya dengan kedalam kolam berkisar 70 cm sampi satu meter.
  • Guru pendamping sebaiknya ikut berada dikolam untuk memegang siswa yang akan kita latih guna menghindari resiko di air.   
                Cara Melatih Gerakan Kaki. 
  • Pelajaran pertama yang harus dipraktikkan adalah menggerakkan kaki ke arah atas dan bawah seperti berjalan kaki secara bergantian. Dalam gerakan ini, kaki dan paha harus dalam posisi lurus dan lutut tidak boleh ditekuk. Kedua tangan siswa memegang bibir kolam yang digerakkan hanya kaki saja .Bagi siwa yang gerakan kakinya masih mengankat tungkai ,pelatih membantu dengan cara memgang  kaki siswa dan memnggerakkan kakinya ke atas dan ke bawah . Ulangi gerakan ini secara berulang-ulang sebagai dasar untuk berenang dengan gaya bebas.
  • Selanjutnya siswa berpasangan dengan salah satu siswa berdiri memegang tangan siswa  yang lain ,kemudian siswa yang berdiri berjalan mundur sambil menarik siswa dan siswa yang ditarik menggerakkan kakinya keatas dan ke bawah sampai air keliatan bergelombang. Lakukakn secara bergantian.
  • Apabila gerakan kaki siswa sudah mahir selanjutnya lakukan gerakan meluncur dari dalam kolam dengan cara siswa berdiri di dalam kolam dengan salah satu kaki menenmpel di dinding kolam kemudian dorong badan kedepan dengan ke dua tangan lurus ke depan ,gerakkan kaki ke atas dan ke bawah sesuai dengan teknik gerakan kaki renang gaya bebas.Gerakan ini bisa dilakukian dalam bentuk lomba uantuk memacu semangat siswa dalm berlatih.
              Cara Melatih Gerakan Tangan. 
  • Siswa yang akan kita latih berdiri di dalam kolam dengan ketinggian air setinggi pinggang.
  • Selanjutnya bungkukkan badan hingga kena air dengan kepala mendongak ke atas supaya bisa mengambil napas, lurus kedua tangan ke depan. Usahakan telapak tangan dalam posisi berdekatan tetapi tidak sampai menempel. Setelah posisi kedua tangan sudah lurus ke depan , tarik tangan kiri Anda ke bawah sampai ke belakang. Kemudian, angkat tangan kiri keluar dari permukaan air. Dalam posisi ini, ayunkan tangan kiri tersebut ke depan sejauh mungkin yang Anda bisa. Ketika tangan kiri diangkat dari permukaan air, gerakkan tangan kanan Anda ke bawah sampai belakang .Lakukan gerakan tangan ini berulang-ulang .
  • Jari-jari tangan selalu dalam keadan dirapatkan.Jangan sampai Anda membuka jari-jari tangan Anda, karena hal itu akan mengurangi gaya dorong yang timbul. Ketika tangan Anda melakukan kayuhan dan ekstensi. Satu-satunya saat dimana Anda tidak harus melakukannya adalah ketika tangan Anda melakukan recovery.
               Cara Melatih Gerakan Pernapasan.
  • Siswa yang akan kita latih berdiri di dalam kolam dengan ketinggian air setinggi pinggang.Selanjutnya bungkukkan badan hingga kena air dengan kepala di dalam air.
  • Pengambilan nafas ini dilakukan ketika tangan kiri diayunkan ke depan untuk masuk ke dalam air kembali. Pada saat ini, tangan kanan naik ke permukaan air. Gerakan tersebut dibarengi dengan gerakan kepala menoleh  ke kanan untuk mengambil nafas di atas permukaan air. Gerakan pengambilan nafas ini dapat dilakukan sesuai dengan kenyamanan siswa boleh sebaliknya ketika tangan kiri berada di permukaan air maka mengambil napas dengan menolehkan kepala ke kiri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Melatih Berenang Gaya Bebas Yang Baik dan Benar

0 komentar:

Posting Komentar